BRI akselerasi penyaluran KUR digital melalui startup unicorn

BRI akselerasi penyaluran KUR digital melalui startup unicorn

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari (dua kiri) bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (dua kanan) berpose bersama nasabah penerima KUR. ANTARA/HO-BRI.

Melalui inisiatif ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus mengakselerasi penyaluran Kredit Usaha Rakat (KUR) secara digital melalui kerja sama dengan eksosistem platform e-commerce dan ride hailing, sebagai terobosan perusahaan dalam mendukung UMKM agar bertahan dan bangkit dari pandemi COVID-19.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari mengatakan fokus perusahaan saat ini diarahkan untuk menolong dan mendukung pelaku UMKM yang terdampak pagebluk.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah startup unicorn untuk mengakselerasi penyaluran KUR secara digital. Melalui inisiatif ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR. Sehingga kami dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi dan usahanya kembali bangkit," ujar Supari di Jakarta, Kamis.

Selain memacu penyaluran KUR, lanjut Supari, langkah tersebut juga sebagai respons atas Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, beberapa waktu yang lalu.

Sejak Mei 2020, Bank BRI sebagai salah satu enabler di industri digital di Indonesia membuka akses pengajuan KUR lewat channeling online sejumlah startup unicorn di Tanah Air yakni Tokopedia, Shopee, Gojek dan Grab.

Merchant UMKM mitra dari startup unicorn tersebut dapat mengakses KUR digital BRI dengan mudah dan mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id.

Bank BRI mencatat terdapat 5.898 UMKM mitra Grab, Gojek, Tokopedia dan Shopee yang telah mengajukan pinjaman KUR melalui portal KUR BRI.

Hingga 20 September 2020, Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp84,8 triliun kepada 3.086 juta debitur di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Supari menegaskan bahwa Bank BRI akan terus memperkuat penyaluran KUR secara digital dengan membuka peluang kerja sama dengan perusahaan e-commerce lainnya di Indonesia, sebagai bentuk kolaborasi guna menyelamatkan UMKM di masa pandemi.

"Selain bantuan fasilitas pembiayaan, Bank BRI juga akan terus menciptakan inisiatif baru untuk mendukung keberlangsungan dan penyelamatan pelaku UMKM di Indonesia. Ini komitmen kami untuk menolong UMKM dan sejalan dengan core bisnis perusahaan," ujar Supari.

Baca juga: PGN gandeng BRI kerja sama permudah pembayaran gas
Baca juga: BRI-Telkom kolaborasi tingkatkan layanan satelit
Baca juga: BRI salurkan dana pemerintah Rp24,94 triliun ke UMKM

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Modernisasi pasar rakyat Malang di masa pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar