Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir Diresmikan

Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir Diresmikan

ilustrasi (ANTARA/Bhakti Pundhowo)

Surabaya (ANTARA News) - Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir di lapangan tembak Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, diresmikan oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) M. Alfan Baharudin, Sabtu.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung "Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir" oleh Komandan Korps Marinir dengan diiringi suara dentuman meriam Howitzer 105 mm.

Setelah itu, puluhan prajurit Korps Marinir terlihat melaksanakan halang rintang dan ipam repeling di Menara Serbaguna.

Menurut Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) I Wayan Mendra, peresmian Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir ini diharapkan dapat meningkatkan naluri tempur prajurit Korps Marinir, khususnya yang berada di wilayah Surabaya.

"Sebelum diresmikan sebagai Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir, lokasi ini hanya digunakan sebagai lapangan tembak, tapi sekarang sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat digunakan untuk meningkatkan naluri tempur prajurit Korps Marinir," katanya.

Berbagai fasilitas itu berupa lapangan tembak senapan dengan jarak 1.000 meter, 100 meter, 200 meter, 400 meter, lapangan tembak pistol eksekutif, halang rintang, menara serbaguna, medan untuk cross country, medan untuk gerak senjata arteleri, dan medan untuk uji kendaraan tempur Korps Marinir.

"Di sini merupakan `one stop service` yakni sekali ke sini, semua kemampuan peningkatan naluri tempur dapat dilakukan," katanya.

Setelah peresmian Pusat Latihan Naluri Tempur Korps Marinir itu usai, Komandan Korps Marinir mengikuti lomba menembak pistol eksekutif yang diikuti pejabat teras Pasmar-1, Kodikmar, Lanmar Surabaya dan Kolatmar.

Dalam lomba menembak pistol eksekutif itu, Kolonel Marinir Wurjanto menjadi juara pertama dengan nilai 188, lalu Kolonel Marinir Kasirun Situmorang sebagai juara kedua dengan nilai 186 dan Komandan Korps Marinir sebagai juara ketiga dengan nilai 184.

Selain lomba menembak pistol eksekutif, acara itu juga dimeriahkan dengan lomba menembak pistol bagi perwira di jajaran marinir wilayah Surabaya yang diikuti 234 orang dalam 26 tim.

Untuk lomba menembak pistol bagi perwira, juara pertama diraih tim dari Komando Pendidikan Korps Marinir dengan total nilai 1.661.

Sementara juara kedua diraih tim dari Resimen Arteleri-1 Marinir dengan torehan nilai 1.523 dan tim dari Pangkalan Marinir Surabaya menjadi juara ketiga dengan nilai 1.477, sedangkan juara perorangan direbut Letkol Marinir Fery Marpaung dengan nilai 195.(E011/A038)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Dankormar: Korps Marinir kedepankan pembinaan profesionalisme prajurit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar