Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan yang menampilkan gambar Ketua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Megawati sedang berpidato di podium berlogo palu arit beredar di Facebook. Dalam foto itu, Megawati juga tampak didampingi Joko Widodo yang sedang berdiri di sampingnya.

Pada unggahan tersebut, Megawati maupun Jokowi terlihat sama-sama mengenakan pakaian berwarna hitam. Hanya saja, Jokowi memakai baret merah seperti tampak dalam unggahan itu, sedangkan Megawati tidak.

Irfan Kalangkangkong, pemilik akun Facebook yang memuat gambar itu, juga menuliskan narasi berikut:

"Oalah ternyata PKI toh"

Namun, benarkah Megawati saat itu sedang berpidato di podium berlogo palu arit dan didampingi Jokowi?
 
Tangkapan layar unggahan hoaks Megawati pidato di podium berlogo palu arit didampingi Jokowi (Facebook)


Penjelasan:
Dari hasil penelusuran ANTARA, foto Megawati yang didampingi Jokowi itu sudah melalui proses penyuntingan dari foto aslinya.

Foto asli yang menampilkan Megawati berpidato didampingi Jokowi itu merupakan foto milik Merdeka.com. Dalam berita yang dipublikasikan dengan judul "Jokowi dampingi Mega apel peringatan Hari Pancasila", tidak terdapat logo palu arit di podium Megawati, sebagaimana dimuat di unggahan Facebook itu.

Gambar sebenarnya yang dipasang di podium itu adalah lambang banteng hitam dengan moncong putih, yang dikenal sebagai logo PDI Perjuangan. Terdapat pula tulisan Satgas Nasional Cakra Buana PDI Perjuangan dalam foto itu.

Merdeka.com juga memberi keterangan foto tersebut diambil saat Apel Siaga Peringatan Hari Lahir Pancasila di Tugu Proklamasi, Jakarta, 2013. Saat itu, Jokowi yang juga kader partai PDI Perjuangan masih berstatus sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Klaim: Megawati pidato di podium berlogo palu arit didampingi Jokowi
Rating: Salah/Disinformasi

Cek fakta: Benarkah tulisan "Orang Ketiga Itu Bernama Aidit!" kisah nonfiksi?

Cek fakta: Pria berbaju militer dengan logo palu-arit disebut ayah Jokowi? Simak faktanya

Cek fakta: Megawati minta Jokowi pecat Anggota TNI yang razia buku berbau PKI? Ini penjelasannya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020