Jakarta (ANTARA) - Menghadapi musim penghujan, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat rutin melaksanakan grebek lumpur yang merupakan program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  untuk membersihkan saluran air dari lumpur.

Kasudin SDA Jakarta Barat Purwanti mengatakan grebek lumpur dilakukan rutin di delapan kecamatan Jakarta Barat untuk mengatasi genangan akibat hujan.

"Rutin di delapan kecamatan Jakarta Barat. Masing-masing kecamatan ada empat sampai lima titik," ujar Purwanti di Jakarta, Jumat.

Grebek lumpur dilaksanakan pasukan biru Sudin SDA setiap hari, kecuali Minggu.

Sejumlah lokasi saluran air yang saat ini tengah dibersihkan dari lumpur di antaranya Jalan Mabes dan Jalan Kesederhanaan di Tamansari.

Di kawasan Palmerah, Sudin SDA grebek lumpur di saluran penghubung Wijaya Kusuma, saluran penghubung Sandang, dan Saluran penghubung Kota Bambu Selatan.

Selain itu di kawasan Cengkareng, Sudin SDA tengah membersihkan saluran air di Jalan Nusa Indah, Jalan Kayu Besar, dan Jalan Darma Bakti.

Grebek lumpur di Grogol Petamburan, dilakukan di Jalan Jelambar Baru Borobudur, Jalan Penerangan, Jalan Jelambar Selatan XIV, dan Jalan Daan Mogot I.

"Kami juga tengah rutin mengeruk lumpur di Kebon Jeruk, Tambora, dan Kembangan. Masing-masing ada lima sampai enam titik," kata Purwanti.

Sudin SDA Jakarta Barat juga menambah kolam olakan di taman Jalan Pangeran Tubagus Angke.

Hal itu dikarenakan jalanan tersebut sering tergenang, karena perbedaan ketinggian jalan. Setiap turun hujan akan disiagakan pompa untuk buang air dari sisi jalan satu, ke sisi jalan lainnya.

"Maka, kami lagi menambah kolam olakan di taman agar airnya masuk ke situ dulu," kata Purwanti."

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020