Tinju

Jermall Charlo pertahankan gelar juara kelas menengah WBC

Jermall Charlo pertahankan gelar juara kelas menengah WBC

Juara dunia tinju kelas menengah WBC Jermall Charlo. ANTARA/AFP/Emilee Chinn/aa.

Jakarta (ANTARA) - Jermall Charlo berhasil mempertahan gelar juara kelas menengah WBC setelah mengalahkan Sergey Derevyanchenko dengan kemenangan angka mutlak pada laga di  Mohegan Sun Arena yang tidak dihadiri penonton di Uncasville, Connecticut, AS, Sabtu (Minggu pagi WIB).

Juara asal Amerika berusia 30 tahun itu mengatasi perlawanan keras dari penantang asal Ukraina itu untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan menjadi 31 pertarungan. Derevyanchenko, atas kekalahan itu kini rekornya menjadi 13-3.

Derevyanchenko, yang berdarah akibat luka di sekitar kedua mata, melancarkan serangan gencar di akhir ronde ke-12 saat ia mencari KO.

Tapi Charlo, yang memimpin dengan nyaman dalam pengumpulan angka, dapat mempertahankan keunggulannya dan menutup laga dengan mempertahankan gelar sabuk WBC-nya untuk ketiga kalinya.

Baca juga: Pacquiao ingin hadapi McGregor tahun depan
Baca juga: Enam petinju pelatnas bersiap rebut tiket Olimpiade Tokyo


Ketiga juri memberi Charlo kemenangan yang meyakinkan, memberikan juara bertahan itu dengan selisih angka 116-112, 117-111 dan 118-110.

"Saya menjalankan permainan sesuai rencana. Itu adalah ujian terbesar dalam karir saya dan saya lulus ujian," kata Charlo, seperti dilansir AFP. "Saya tahu dia akan tangguh, dan saya tahu dia akan datang untuk bertarung.

"Saya ingin menjatuhkannya dan membuat penegasan. Tetapi dengan melalui itu dan mendapatkan kemenangan angka merupakan penegasan itu sendiri."

Itu adalah kekalahan mengecewakan lainnya bagi Derevyanchenko yang bertubuh gemuk, yang kalah dalam dua pertarungan gelar dunia sebelumnya termasuk hasil yang disengketakan melawan Gennadiy Golovkin pada Oktober tahun lalu.

Baca juga: YBC Sports gelar kompetisi tinju amatir bagi pelajar
Baca juga: Mantan Pangdam Udayana percaya diri maju sebagai Ketum Pertina


Charlo mengendalikan pertarungan sejak awal, menggunakan ketinggian dan jangkauannya untuk membangun dominasi dengan jabnya untuk mencetak angka secara konsisten.

Derevyanchenko mengalami masalah di akhir ronde ketiga, ketika Charlo mengayunkannya dengan tangan kanan dan dilanjutkan dengan hook kiri. Lutut Derevyanchenko tertekuk tetapi petinju Ukraina itu berhasil menghindari jatuh dan bertahan hingga bel.

Dengan luka di atas mata kanan Derevyanchenko di ronde kelima, penantang itu mencoba bangkit di ronde-ronde pertengahan, mendaratkan kombinasi yang tajam di ronde ketujuh.Tapi Charlo menegaskan dirinya di ronde penutup, menentukan jarak dan tempo dan akhirnya melaju menuju kemenangan.

Dalam aksi partai awal lainnya pada Sabtu, John Riel Casimero dari Filipina untuk pertama kali mempertahankan gelar kelas bantam WBO-nya dengan mengalahkan Duke Micah dari Ghana pada ronde ketiga perebutan gelar mereka di Connecticut.

Sementara itu, juara reguler kelas super bantam WBA Brandon Figueroa terlalu kuat bagi Damien Vazquez. Figueroa menang dengan penyelesaian ronde ke-10 melawan Vazquez yang mengalami luka dan memar.

Baca juga: Oscar De La Hoya naik ring tinju lagi
Baca juga: Saul Canelo Alvarez bakal hadapi Avni Yildirim
Baca juga: Petinju putri Indonesia Felmi Sumaehe selangkah lagi jadi juara dunia

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tinju Putra Indonesia persembahkan medali perunggu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar