Bulu tangkis

Taufik Hidayat minta ketum baru PBSI fokus pembinaan daerah

Taufik Hidayat minta ketum baru PBSI fokus pembinaan daerah

Taufik Hidayat (FOTO ANTARA/Yusran Uccang/10)

Siapapun pengurusnya jangan bawa nama daerah, tapi bawa nama Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Legenda bulu tangkis Indonesia Taufik Hidayat menyampaikan harapannya kepada ketua umum dan kepengurusan baru PBSI terpilih di masa mendatang untuk fokus melakukan pembinaan di daerah.

“Desentralisasi pembinaan di daerah, khususnya di luar Jawa baik berbentuk pusdiklat bulu tangkis maupun pelatwil harus dibentuk dan dibiayai oleh PBSI secara mandiri,” kata Taufik dalam siaran pers yang diterima, Minggu.

Menurut Taufik, masalah pembinaan atlet di bawah kepengurusan PBSI saat ini, yang dipimpin Wiranto, belum digarap maksimal, bahkan belum merata antara daerah dan kota-kota besar.

Baca juga: Dukungan untuk Moeldoko Jadi Ketum PBSI Terus Mengalir
Baca juga: Moeldoko diharapkan mampu perbaiki komunikasi antara PBSI dan klub


Fasilitas di daerah, kata dia, juga penting diperhatikan oleh PBSI agar kualitas prestasi bulu tangkis di Indonesia tidak lagi timpang, sehingga tidak ada lagi yang akan membawa atau membangga-banggakan nama daerah maupun klub tertentu.

“Siapapun pengurusnya jangan bawa nama daerah, tapi bawa nama Indonesia. Jadi, tidak ada yang bawa nama klub atau PB, harus bawa nama Indonesia,” tutur peraih medali emas Olimpiade 2004 Athena itu.

Agar proses pembinaan daerah berjalan dengan baik, ketua umum baru nanti diharapkan bisa membawa PBSI mandiri secara finansial terlebih dahulu. Artinya, federasi harus mampu menggandeng tidak hanya sponsor-sponsor besar, tetapi juga daerah.

Baca juga: Legenda Bulu tangkis Indonesia Pinang Moeldoko Jadi Ketum PBSI

Menurutnya, sponsor di daerah harus mulai didekati agar mereka tertarik untuk berkontribusi melakukan pembinaan demi melahirkan lebih banyak lagi atlet daerah yang bisa berprestasi di kancah dunia.

Jelang musyawarah nasional (Munas) pemilihan Ketua Umum PBSI periode 2020-2024, Ketua Umum Pengprov Bengkulu Suharto juga turut menyampaikan harapannya agar sosok terpilih nanti bisa membuat PBSI mandiri sehingga bisa melahirkan bibit-bibit unggul asli daerah.

Baca juga: Sekjen PBSI: Caketum harus kantongi 10 dukungan pengprov

"PBSI perlu mencari sponsor yang bisa membesarkan kegiatan bulu tangkis sampai ke daerah-daerah guna mencapai prestasi secara maksimal. PBSI harus bisa mandiri secara nasional maupun regional," ujar Suharto.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Pengprov PBSI Lampung Abdullah Fadri Aulia. Abdullah menuturkan bahwa kekurangan PBSI selama ini adalah kurangnya pendanaan, baik di daerah maupun di pusat.

"Masih terkendala untuk mencari sponsor yang siap untuk membantu dalam rangka lebih men-support agar kegiatan pembinaan dapat berjalan lebih baik lagi," ujar Abdullah.

Baca juga: Taufik Hidayat tidak ingin anaknya menjadi atlet
Baca juga: Taufik Hidayat prihatin prestasi tunggal putra merosot


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar