Jakarta (ANTARA) - Newcastle United mencuri satu poin dari kandang Tottenham Hotspur setelah memaksakan hasil imbang 1-1 berkat sebuah eksekusi penalti di menit-menit akhir pertandingan pekan ketiga Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu.

Tottenham yang tampil dominan memegang keunggulan lewat gol Lucas Moura sejak menit ke-25, tetapi pada injury time Newcastle menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Callum Wilson.

Hasil tersebut membuat Newcastle (4) naik ke urutan kesembilan klasemen, sedangkan Tottenham (4) melorot satu strip ke peringkat ketujuh setelah disalip Leeds United (6) yang menang di laga lebih awal, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Gol pengujung laga menangkan Leeds di markas Sheffield

Tottenham menggebrak sejak awal laga dan hampir unggul tiga menit setelah sepak mula, tetapi kiper Karl Darlow melakukan dua penyelamatan beruntun atas tendangan bebas Giovani Lo Celso dan sambaran Harry Kane.

Enam menit kemudian, Darlow kembali sigap menghalau sundulan berbahaya Kane menyambut umpan silang Pierre-Emile Hojbjerg.

Sayangnya, Darlow tak berkutik ketika Kane mengirim umpan tarik yang diselesaikan Lucas Moura di area tiang jauh untuk membuka keunggulan Tottenham pada menit ke-25.

Tottenham punya banyak kesempatan untuk menggandakan keunggulan mereka, termasuk dua tembakan Son Heung-min yang membentur gawang.

Terlepas dari gol Lucas Moura, Darlow tampil cukup gemilang untuk mencegah gawang Newcastle kebobolan gol lebih banyak ketika menghentikan peluang-peluang dari Kane, Lo Celso dan Erik Lamela.

Dua poin tergelincir dari tangan Tottenham, ketika Eric Dier kedapatan melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti atas bola sundulan Andy Carroll pada menit ketiga injury time.

Setelah hampir dua menit berkonsultasi dengan VAR, Bankes menghadiahi tendangan penalti untuk Newcastle yang sukses dikonversi Wilson untuk memaksakan hasil imbang 1-1.

Kedua tim akan lebih dulu tampil di putaran keempat Piala Liga Inggris, saat Tottenham menjamu Chelsea pada Selasa (29/9) dan Newcastle bertandag ke markas Newport County sehari berselang.

Di pekan keempat Liga Inggris, Tottenham akan bertandang ke Old Trafford menantang Manchester United pada Minggu (4/10), sehari setelah Newcastle menjamu Burnley di St. James' Park.

Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Everton kembali duduki puncak
Baca juga: Bilic yakin gol ketiga Chelsea seharusnya tak sah


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Matt Doherty, Davinson Sanchez, Eric Dier, Ben Davies; Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks; Lucas Moura (Erik Lamela), Giovani Lo Celso (Tanguy Ndombele), Son Heung-min (Steven Bergwijn); Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho

Newcastle United (5-4-1): Karl Darlows; Javi Manquillo, Isaac Hayden, Jamaal Lascelles, Federico Fernandez, Matt Ritchie (Jamal Lewis); Miguel Almiron (Andy Carroll), Jonjo Shelvey, Jeff Hendrick (Jacob Murphy), Joelinton; Callum Wilson
Pelatih: Steve Bruce

Baca juga: Ancelotti yakin performa Calvert-Lewin dipantau timnas Inggris
Baca juga: Danny Ings antar Southampton menang di markas Burnley

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020