Jakarta (ANTARA) - Festival Film Cannes mungkin telah dibatalkan tahun ini, tetapi penyelenggara masih berencana untuk mengadakan Official Selection 2020 atau festival Cannes berskala kecil melalui acara yang dilaksanakan selama tiga hari.

Palais des Festivals akan menyelenggarakan acara "Special Cannes" pada 27-29 Oktober dan akan menampilkan empat film dari Pilihan Resmi tahun ini, film pendek dan film sekolah Cinéfondation.

Acara tersebut terbuka untuk umum dan juri juga akan memberikan Palme d'Or untuk film pendek serta hadiah dari Cinéfondation.

"Koleksi empat film dari Official Selection, kompetisi film pendek, kompetisi film sekolah, serta makan malam dan pertemuan melambangkan kebahagiaan yang akan kita semua rasakan saat bersama di Cannes pada bulan Oktober," kata direktur festival, Thierry Frémaux dilansir Variety, Selasa.

"Film-film Pilihan Resmi saat ini diputar ke bioskop di Prancis, di Eropa, dan di seluruh dunia. Ini pertanda bagus melihat mereka singgah di Cannes, sebelum kita mengalihkan perhatian ke musim 2021," ujar Thierry melanjutkan.

Diselenggarakan bersama Dewan Kota Cannes, festival mini ini akan dibuka dengan "Un triomphe" (The Big Hit!) Oleh Emmanuel Courcol, yang dihadiri oleh bintang Kad Merad bersama dengan pemeran dan kru lainnya.

Acara tersebut akan ditutup dengan "Les Deux Alfred" (The French Tech) dari Bruno Podalydès, dengan sutradara yang hadir bersama dengan aktor utama Sandrine Kiberlain.

Ada juga pemutaran film "Asa Ga Kuru" (True Mothers) oleh sutradara asal Jepang yang secara reguler mengikuti Cannes, Naomi Kawase.

Pierre Lescure, presiden Festival de Cannes, berkata, "Kami sangat senang melihat festival yang diselenggarakan oleh Balai Kota Cannes pada bulan Oktober karena kami sedih tidak menikmati kebersamaannya pada bulan Mei. Berkat kolaborasi ini, film-film dari Official Selection akan ditayangkan di Croisette. Ini adalah cara kami untuk berada di Cannes, bersama dengan populasinya dan semua profesional yang bekerja sama dengan kami setiap tahun."

Sementara itu, Cannes juga telah mengonfirmasi tanggal festival tahun depan yakni 11-22 Mei.




.Baca juga: "Nomadland" raih People's Choice Award di TIFF 2020

Baca juga: Cate Blanchett kenakan gaun lama di Venice Film Festival 2020

Baca juga: "Ammonite" akan jadi film penutup di Festival Film London


Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020