Aktivitas seru yang bisa dilakukan selama WFH tanpa gawai

Aktivitas seru yang bisa dilakukan selama WFH tanpa gawai

Ilustrasi teka-teki silang (ANTARA/Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - ​​​​Tak dapat dipungkiri jika ponsel pintar mampu menghadirkan beragam hiburan apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, namun ada juga alternatif kegiatan lain yang bisa mengusir stres tanpa perlu membuka gawai alias gadget.

Ponsel pintar menjadi salah satu benda yang tidak boleh luput dari penglihatan, bisa dibilang banyak orang yang ketergantungan padanya. Namun jika menilik ke belakang sebelum adanya gawai, banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan.

Banyak kegiatan seru yang bisa Anda coba untuk menghibur diri ataupun menemukan bakat yang mungkin selama ini terpendam tanpa perlu menggunakan ponsel pintar, menurut Huffpost dikutip Selasa.

Melukis atau mewarnai
Anda dapat melukis menggunakan kanvas ataupun kertas. Jika Anda senang bermain warna, hampir semua toko buku menyediakan buku mewarnai untuk orang dewasa. Kegiatan ini dapat meredakan stres dan kecemasan.

Bermain dengan binatang peliharaan
Berapapun adiktifnya melihat video kucing lucu di YouTube, akan lebih menyenangkan bermain dengan hewan peliharaan di kehidupan nyata. Penelitian telah membuktikan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat menurunkan stres secara signifikan.

Menulis
Penelitian telah menunjukkan bahwa menuliskan apa yang Anda syukuri berdampak positif pada kebahagiaan secara keseluruhan dan tindakan fisik menulis bahkan dapat membantu Anda belajar lebih baik.

Anda bisa menulis menggunakan cara lama, seperti menggunakan buku. Jika Anda memiliki ide cerita tertentu, barangkali bisa membuat cerita pendek atau novel.

Mengasah otak dengan kuis
Jika Anda berlangganan koran, biasanya pada salah satu halamannya terdapat permainan seperti sudoku atau teka-teki silang. Kegiatan ini akan membuat Anda lebih produktif, meningkatkan kreativitas serta mengasah otak.

Membaca buku
Membaca memiliki banyak manfaat bagi otak. Membaca cerita yang bagus dapat mengurangi stres, membantu tidur jadi lebih nyenyak dan membuat Anda lebih berempati. Namun alih-alih membaca melalui Kindle, lebih baik Anda membaca buku sungguhan.

Belajar alat musik
Belajar memainkan alat musik dapat mengurangi stres, terkait dengan pemrosesan suara yang lebih baik dan membantu menjaga daya ingat Anda tetap tajam. Ini adalah waktu yang tepat untuk mempelajari alat musik yang selama ini diidamkan.

Melihat album foto lama
Album foto ini bukan yang ada di Facebook atau ponsel Anda, namun benar-benar foto yang terdapat di dalam album.

Penelitian menunjukkan bahwa sedikit nostalgia sebenarnya bisa menjadi hal yang baik. Menurut studi Buletij Psikologi Kepribadian dan Sosial, merenungkan masa lalu dapat meningkatkan optimisme untuk masa depan karena hal itu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Bermain puzzle
Bermain puzzle adalah salah satu kegiatan seru untuk menghabiskan waktu. Anda bisa membeli puzzle dengan berbagai ukuran dan tingkat kesulitan. Jika sudah jadi, berilah bingkai dan bisa menjadi pajangan di rumah.

Memasak
Memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mencoba berbagai menu baru dan mengajak anggota keluarga untuk ikut membantu.


Baca juga: Orang tua harus kendalikan penggunaan gawai pada anak, sebut KPPPA

Baca juga: Psikolog: waspadai dampak buruk "gadget" bagi anak

Baca juga: Cegah dampak buruk gawai di kalangan anak-anak
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar