Pemkot Bogor perpanjang PSBMK sampai 13 Oktober

Pemkot Bogor perpanjang PSBMK sampai 13 Oktober

Wali Kota Bogor Bima Arya mengumumkan perpanjangan PSBMK sampai 13 Oktober 2020, di Balai Kota Bogor, Selasa (29/9/2020). ANTARA/Riza Harahap/am.

Bogor (ANTARA) -



Pemerintah Kota Bogor bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor memutuskan memperpanjang penerapan pembatasan sosial berskala mikro dan komunitas (PSBMK) selama dua pekan, mulai 29 September hingga 13 Oktober 2020.

"Rapat koordinasi antara Pemkot Bogor dan Forkopimda sepakat untuk melanjutkan PSBMK selama dua pekan, dengan menguatkan pengawasan protokol kesehatan di perkantoran," kata Bima Arya kepada pers di Balai Kota Bogor, Selasa.

Baca juga: Ridwan Kamil memuji langkah Pemkot Bogor terapkan PSBMK

Menurut dia, berdasarkan data harian COVID-19 Kota Bogor, tren penularan COVID-19 saat ini lebih banyak terjadi di perkantoran, sedangkan di tempat umum seperti restoran dan pasar persentase penularannya kecil.

Oleh karena itu, kata Bima, pada penerapan PSBMK selama dua pekan ke depan, antisipasinya adalah penguatan protokol kesehatan lebih diarahkan ke perkantoran, termasuk warga Kota Bogor yang bekerja di perkantoran di Jakarta.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Bogor sudah menerapkan kebijakan pegawai bekerja di kantor maksimal 50 persen. "Pegawai yang komorbid, yakni memiliki penyakit bawaan untuk sementara bekerja dari rumah. Pegawai yang berusia lebih dari 50 tahun juga agar bekerja dari rumah," katanya.

Baca juga: Bima Arya dan Tim Elang lakukan operasi disiplin protokol kesehatan

Bima menambahkan, dirinya segera menerbitkan surat edaran ke kantor lainnya di Kota Bogor untuk menerapkan pola kerja di kantor atau WFO maksimal 50 persen.

Menurut dia, pada rapat koordinasi antara Pemkot Bogor dan Forkopimda Kota Bogor juga memutuskan, pertama, setiap kantor wajib membentuk Satgas COVID-19 di tingkat perkantoran.

Kedua, masih ada kebutuhan pengawasan aktivitas warga sampai pukul 21.00 WIB, sedangkan operasional sektor usaha lebih dilonggarkan lagi. "Sebelumnya, operasional sektor usaha sampai pukul 20.00 WIB, mulai hari ini sampai pukul 21.00 WIB," katanya.

Baca juga: Terapkan PSBMK, Pemkot Bogor terus gelar razia

Bima menegaskan sektor ekonomi harus terus berjalan dan saat ini mulai ada keseimbangan antara sektor kesehatan dan sektor ekonomi. "Sektor usaha lebih dilonggarkan, karena penularan di sektor ekonomi ini persentasenya kecil," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar