Ini sebuah kecepatan, kecepatan yang sangat berubah sekali
Manado (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meresmikan secara daring ruas Manado-Danowudu, tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara (Sulut) sepanjang 26 kilometer, Selasa

"Ruas Manado-Danowudu sudah selesai, sudah rampung," kata Presiden.

Masyarakat, kata dia, bisa memanfaatkan ruas jalan itu untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi.

"Nanti jika seluruh ruas tol selesai panjangnya sekitar 40 kilometer. Gerbang tol ini hanya sembilan kilometer atau 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi, sangat dekat," kata dia dari Istana Bogor.

Tol terpanjang di Sulawesi itu, nantinya memangkas waktu tempuh sekitar satu jam.

Baca juga: Terintegrasi, Presiden sebut Tol Manado-Bitung pangkas biaya logistik

Sebelum dibangun tol ini, waktu tempuh diperkirakan 90 menit, namun ketika melintasi jalan tol hanya memakan waktu setengah jam.

"Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dari Manado ke Bitung atau sebaliknya yang menggunakan jalan tol waktu tempuhnya akan jauh lebih cepat. Ini sebuah kecepatan, kecepatan yang sangat berubah sekali," ujar Presiden.

Pembangunan tol Manado-Bitung diharapkan ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulut.

Di Manado, peresmian ruas Manado-Danowudu ini disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Penjabat Gubernur Sulut Agus Fatoni, forkopimda, para pejabat kementerian, PT Jasa Marga, Badan Pengatur Jalan Tol serta undangan lainnya dari Gerbang Tol Manado.***1***

Baca juga: Ada Tol Manado-Bitung, Presiden berharap wisata Sulut berkembang pesat
Baca juga: Presiden yakini Tol Manado-Bitung tarik minat investasi

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020