Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api memperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan kereta api pada hari libur Jumat sebanyak 35.000 orang, lebih sedikit dibanding hari sebelumnya yang mencapai 37.000 orang.

"Karena hari ini jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan hari sebelumnya, maka kami tidak lagi menyediakan rangkaian kereta tambahan," kata Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jakarta, Sugeng Priyono, kepada ANTARA.

Ia menjelaskan, pada Kamis kemarin pihaknya menambah satu rangkaian kereta Argo Lawu tujuan Solo, sedangkan pada hari ini tidak.

Namun demikian, karena PT KA telah memprediksi padatnya penumpang pada libur panjang akhir minggu ini maka beberapa kereta api reguler ditambahkan satu gerbong tambahan.

"Sejak tanggal 25 hingga tanggal 28 Februari kami menambahkan satu gerbong tambahan pada beberapa kereta api reguler," katanya.

Menurutnya upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penumpang yang tidak terangkut.

Ia juga mengatakan, jika beberapa kota tujuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Solo dan Jogja menjadi incaran penumpang pada liburan Maulid Nabi ini.

"Kota tujuan yang paling banyak diminati penumpang pada liburan panjang akhir minggu ini adalah Solo, Jogja dan Surabaya," katanya.

(T.W004/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010