Surabaya (ANTARA) - Para penyandang difabel berharap calon Wali Kota Surabaya mendatang bisa mewujudkan pendidikan inklusif, dimana difabel dapat mengenyam pendidikan di sekolah yang sama dengan pelajar lainnya tanpa ada diskriminasi.

"Itu harapan kami," kata Ketua Umum Pro Rakyat Megawati di Surabaya, Rabu.

Megawati mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam suatu pertemuan dengan penyandang difabel di Jalan Kutai, Surabaya pada Selasa (29/9).

Menurut Megawati, Eri telah memiliki masterplan untuk Surabaya yang meliputi tata kota, pembangunan serta perhatian kepada masyarakat difabel.

"Untuk kriteria, saya rasa sudah memenuhi persyaratan membawa Surabaya semakin ramah pada seluruh kalangan," ujarnya.

Penyandang difabel, lanjut Megawati, berharap kepada Eri Cahyadi untuk mewujudkan pendidikan inklusif dimana difabel dapat mengenyam pendidikan di sekolah yang sama dengan pelajar lainnya tanpa ada diskriminasi.

"Mudah-mudahan beliau (Eri Cahyadi) menjadi pejuang inklusi di Surabaya. Itu harapan kami," katanya.

Pro Rakyat yang dipimpin oleh Megawati ini diketahui memiliki anggota yang terdiri dari difabel serta masyarakat marjinal di Surabaya.

Baca juga: Pilkada Surabaya, PKS sasar milenial dulang suara Machfud-Mujiaman

Megawati menegaskan akan memberikan dukungan penuh kepada pasangan Cawali dan Cawawali Surabaya nomor urut 1, Eri Cahyadi dan Armuji yang diusung PDI Perjuangan lantaran memiliki program yang memperjuangkan difabel di Surabaya.

"Pada prinsipnya visi dan misinya baik. Akan kita suport untuk mewujudkan Surabaya sejahtera untuk semua masyarakat termasuk difabel," katanya.

Calon Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan selama ini Pemkot Surabaya terus menambah fasilitas bagi difabel.

Untuk itu, kata Eri, pihaknya akan meningkatkan pemenuhan hak-hak difabel dalam menikmati pembangunan kota, baik dari segi fasilitas publik maupun pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Dua peserta Pilkada Surabaya unjuk kebolehan dalam deklarasi damai

Bahkan, ke depan, Eri menyiapkan skema perencanaan pembangunan khusus yang mengakomodasi aspirasi difabel secara optimal.

"Saya akan bikin Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk teman-teman difabel. Silakan usul apa saja, dirembug, nanti kita kaji dan dimasukkan dalam kebijakan Pemkot Surabaya dengan dukungan penganggarannya," ujarnya.

Diketahui Pilkada Surabaya 2020 diikuti pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Armuji. Paslon nomor urut 1 tersebut diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman dengan nomor urut 2 diusung koalisi delapan partai, yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Baca juga: Pilkada Surabaya, Eri-Armuji nomor 1 dan Machfud-Mujiaman nomor 2

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020