Jakarta (ANTARA) - MG (Morris Garage) merupakan merek mobil Inggris yang sempat menjuarai beberapa jenis kompetisi balap, yang dimulai pada Land’s End Trial pada 1925 saat Morris the Old Number One memenangkan medali emas.

Jauh sebelum MG masuk pasar Indonesia pada tahun ini, perusahaan yang lahir di Abingdon, Inggris, mencicipi rekor pertamanya pada ajang Land Speed Record tahun 1931 oleh MG EX120 yang dijuluki ‘The Magic Midget’.

MG K3 Magnette kemudian memenangkan kompetisi balap Mille Miglia (1.000 mil) di Italia pada pada tahun 1933. Selang dua dekade, pebalap legendaris Sir Stirling Moss mencetak rekor di ajang Bonneville Salts flats tahun 1957.

“Sepanjang sejarahnya, MG tidak hanya memproduksi mobil-mobil yang memiliki keunggulan dari sisi kecepatan, namun juga sosok-sosok bersejarah yang turut membangun nama MG hingga menebalkan tidak hanya prestasi, namun juga gengsi di dunia otomotif dunia," kata Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia dalam siaran pers dikutip, Rabu.
 
The Dancing Daughters di Le Mans 1935 (ANTARA/HO)


Le Mans sebagai ajang balapan ketahanan 24 jam paling bersejarah dan ternama di dunia turut dihadiri enam perempuan ikonik, yaitu Margaret Allen dan Coleen Eaton, Doreen Evans dan Barbara Skinner, serta Joan Richmond dan Joan Simpson.

Mereka berenam mengendarai tiga mobil MG PA 1934 untuk mengukir sejarah serta membuktikan bahwa wanita juga bisa berkompetisi di trek balap dengan menyelesaikan trek kompetisi di Le Mans.
MG6 di BTCC 2012 (ANTARA/HO)


Grand Prix 1950, British Rally Championship Silverstone Tyres 1400 tahun 2007, dan British Touring Car championship (BTCC) 2012 adalah beberapa kompetisi yang pernah dimenangkan MG melalui mobil MG TC yang dikendarai Frank Dominianni, MG ZR dikendarai Luke Pinder, dan MG6 dikendarai Timothy Jason Plato di masing-masing kejuaraan tersebut.

MG kemudian mulai mengembangkan pengaruhnya di Amerika selepas Perang Dunia Kedua di tahun 1945. MG T Type sports car diboyong orang Amerika ke negaranya yang kemudian membuka pintu ekspor ke Negara Paman Sam tersebut.

Puluhan tahun kemudian, MG tidak meredup, melainkan melebarkan pasarnya ke Asia Tenggara. Indonesia menjadi tujuan pasar MG yang telah mengenalkan model HS dan ZS pada tahun 2020.

 
(Dari kiri ke kanan) Timothy Jason Plato dan Andy Neate bersama MG 6 GT (ANTARA/HO)



Baca juga: Daftar mobil baru yang meluncur semester dua

Baca juga: Daftar pabrik mobil yang tutup akibat virus corona

Baca juga: Daftar mobil baru harga di bawah Rp150 jutaan
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020