Wamenkeu: Technical rebound turut dorong ekonomi tumbuh 5 persen 2021

Wamenkeu: Technical rebound turut dorong ekonomi tumbuh 5 persen 2021

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah/aa/pri.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan ada sejumlah faktor yang akan mendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi nasional 5 persen pada 2021.

Dalam konferensi pers bersama Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, di Jakarta, Rabu, Suahasil mengatakan salah satu faktornya adalah technical rebound.

"Pertumbuhan lima persen pada 2021 karena kita yakini ada perbaikan kondisi ekonomi. Kita harap secara gradual ada perbaikan konsumsi dan investasi, dan juga biasanya jika terjadi kontraksi akan terjadi kenaikan secara teknis atau technical rebound," ujar Suahasil di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan jika kondisi ekonomi dalam setahun mengalami penurunan, maka pada tahun berikutnya akan terlihat kenaikan sehingga terjadi pertumbuhan positif, atau yang biasa dikenal dengan technical rebound.

Dia berharap kombinasi dari technical rebound serta kondisi ekonomi yang secara gradual mengalami kenaikan dan peningkatan baik di sisi konsumsi dan investasi, ditambah dengan dukungan anggaran pemerintah, maka target pertumbuhan ekonomi 5 persen pada 2021 tercapai.

Baca juga: Sri Mulyani: APBN 2021 jadi alat pemulihan ekonomi dari pandemi

Baca juga: Bamsoet dorong pemerintah siapkan strategi pemulihan ekonomi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wamenkeu jelaskan soal reformasi perpajakan melalui UU Ciptaker

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar