Jakarta (ANTARA) - Koalisi Aktivis Mahasiswa Indonesia (KAMI) menggelar deklarasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung pemerintah untuk fokus dalam upaya menangani pandemi COVID-19.

Koordinator KAMI Pusat Husnul Jamil dalam pernyataannya, di Jakarta, Rabu, menyampaikan kegiatan deklarasi tersebut ditujukan mengajak semua pihak untuk bersatu demi kekokohan Tanah Air.

Apalagi, kata dia, bangsa Indonesia saat ini tengah menghadapi situasi pandemi COVID-19 sehingga upaya-upaya pemerintah untuk mengatasi pandemi harus didukung.

"Kami mengajak seluruh komponen elite bangsa harus mengubah pesimisme menjadi optimisme. Mari kita jadikan masalah sebagai sebuah peluang untuk bergerak bersama menuju Indonesia maju, apalagi di tengah bencana pandemi COVID-19," katanya.

Sebagai generasi muda, kata dia, terutama komponen aktivis mahasiswa dan pemuda, termasuk yang ada di Kota Yogyakarta tidak boleh diam ketika dalam situasi seperti saat ini, namun wajib bersuara dengan tekad Bhinneka Tunggal Ika agar tidak terjadinya perpecahan antarsesama anak bangsa.

"Karena kami khawatir akan terjadinya perpecahan antar anak bangsa nantinya, maka KAMI menghimbau semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan NKRI," ujarnya.

Oleh karena itu, Husnul mengajak untuk seluruh komponen bangsa agar kembali kepada tujuan bernegara, yaitu membentuk pemerintahan negara Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia yang bertujuan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Kami sangat berharap semua 'stakeholder' bangsa bahu-membahu dalam mendukung pemerintah sebagai pelaksana kebijakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke," pungkasnya.

Baca juga: Menko Airlangga: Aspek kesehatan bagian utama capai pemulihan ekonomi

Sementara itu, Koordinator KAMI DIY Ade Suryadi menyatakan KAMI sebagai gerakan koalisi aktivis mahasiswa menyatakan beberapa sikap.

Di antaranya, kata dia, KAMI mendukung pemerintah pusat dan daerah untuk fokus pada penanganan COVID-19, mengutuk keras kepada kelompok-kelompok yang mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia, serta mendukung pemerintah dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi yang berbasis kerakyatan.

Adapun acara deklarasi KAMI wilayah DIY yang digelar di Bundaran Tugu Jogjakarta, Rabu, tersebut berjalan lancar dan tertib yang diikuti oleh ratusan mahasiswa.

Baca juga: Dua aset LMAN dimanfaatkan untuk fasilitas kesehatan penanganan COVID

Baca juga: Kementerian BUMN salurkan donasi penanganan COVID hingga Rp341 miliar

Baca juga: Sri Mulyani: Tingkatkan manfaat barang milik negara untuk atasi COVID

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020