Jakarta (ANTARA) - Bayern Munich memenangi Piala Super Jerman 2020 berkat kemenangan 3-2 atas Borussia Dortmund pada pertandingan yang dimainkan di Allianz Arena, Munich, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pasukan Hansi Flick sempat unggul dua gol melalui gol-gol yang disumbangkan Corentin Tolisso (18') dan Thomas Mueller (32'), sebelum kemudian Dortmund menyamakan kedudukan berkat gol-gol Julian Brandt (39') dan Erling Haaland 55').

Bayern akhirnya mampu mengunci kemenangan berkat gol Joshua Kimmich (82'), demikian catatan laman resmi DFB.

Baca juga: Sane dan Alaba terancam absen bela Bayern di Piala Super Jerman

Bayern mendominasi pada awal pertandingan, sundulan Kimmich dapat digagalkan pertahanan lawan sebelum mereka mendapatkan gol pembukaan melalui serangan balik setelah tendangan sudut Dortmund.

Alphonso Davies menjauhkan bola dari situasi bahaya dan mengarahkannya kepada Kingsley Coman, bola kemudian diteruskan ke Mueller dan kepada Lewandowski, yang mengirimkan umpan silang mendatar untuk disambar oleh Tolisso.

Mereka kemudian menggandakan keunggulan ketika Davies mengirim umpan silang dari sisi kiri ke tiang jauh, dan Mueller mampu meneruskannya dengan tandukan yang gagal diantisipasi kiper Dortmund Marwin Hitz.

Baca juga: Sancho dan Burki absen pada pertandingan Piala Super Jerman
Baca juga: Dortmund tolak tawaran 100 juta euro dari MU untuk Sancho

Di luar dugaan, Dortmund yang telah tertinggal dua gol justru mampu memperkecil ketertinggalan. Diawali kesalahan Benjamin Pavard yang kehilangan bola, Brandt mengakhiri serangan Dortmund dengan tembakan keras yang masuk gawang Manuel Neuer dan mengubah momentum pertandingan.

Haaland lantas menyamakan kedudukan dengan memanfaatkan bola kiriman Thomas Delaney pada babak kedua. Neuer bahkan masih harus bekerja keras untuk mematahkan peluang bagus berikutnya milik penyerang internasional Norwegia itu.

Bayern memerlukan sedikit keberuntungan untuk mengamankan kemenangan. Delaney kehilangan bola di dekat garis tengah lapangan, dan Kimmich bergerak cepat merebutnya untuk kemudian menyodorkannya kepada Lewandowski.

Sepakan Lewandowski dapat ditahan kiper Witz, namun Kimmich sigap menyambar bola liar untuk mencetak gol ketiga Bayern sekaligus gol penentu kemenangan.

Baca juga: Dortmund buka pintu bagi penonton pada laga pembukaan Liga Jerman

Susunan pemain seturut laman resmi DFB:

Bayern Munich (3-4-3): Manuel Neuer, Benjamin Pavard (Chris Richards 76'), Niklas Suele, Lucas Hernandez, Joshua Kimmich, Javier Martinez (Jamal Musiala 84'), Corentin Tolisso, Alphonso Davies, Thomas Mueller, Robert Lewandowski (JoshuaZirkzee 83'), Kingsley Coman (Serge Gnabry 54')
Pelatih: Hansi Flick

Borussia Dortmund (3-4-2-1): Marwin Hitz, Emre Can, Mats Hummels (Lukasz Piszczek 76'), Manuel Akanji, Thomas Meunier (Nizo Schulz 68'), Thomas Delaney, Mahmoud Dahoud, Felix Passlack, Marco Reus (Giovanni Reyna 72'), Julian Brandt (Jude Bellingham 76'), Erling Haaland (reinier 68')
Pelatih: Lucien Favre

Baca juga: Bayern lengkapi caturgelar dengan menangi Piala Super UEFA
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Hoffenheim puncaki tabel setelah tekuk Bayern
Baca juga: Pecundangi Dortmund, Augsburg perpanjang start sempurna musim ini

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020