Jakarta (ANTARA) - Presenter Donna Agnesia mengajari anak-anaknya untuk menjalani gaya hidup sehat sejak dini dengan memberikan asupan makanan bergizi, termasuk menyiapkan bekal yang sudah terjamin kebersihan dan gizinya.

"Dari zaman mereka sekolah offline (sebelum pandemi), memang aku biasakan mereka bawa makanan yang sudah disiapkan di rumah ke sekolah, sebisa mungkin enggak jajan," ujar Donna dalam webinar "Cara Cerdas Memilih Produk Pangan", Rabu (30/9).

Kendati demikian, dia memaklumi bila kadang sang buah hati tergiur saat melihat jajanan yang dinikmati teman-temannya. Ada kalanya mereka sembunyi-sembunyi ingin jajan atau meminta kepada pengasuh untuk membelikan mereka jajanan tertentu.

Baca juga: Donna Agnesia mulai teliti baca label gizi berkat Darius Sinathrya

Baca juga: Demi anak, Darius Sinathrya punya "boys time"


Kunci dari pendidikan gizi ala Donna Agnesia adalah memberikan pemahaman kepada anak mengenai makanan yang mereka butuhkan demi kesehatan dan tumbuh kembang.

"Selalu kita ngobrol sama anak, apa sih untungnya kalau kalian makan yang sudah disiapkan dari rumah. Kita memperhatikan higienis, gizi, nutrisi. Kalau jajanan dari luar, kita enggak tahu kebersihannya, sehat atau tidak?"

Selama pandemi COVID-19, Donna menyoroti sisi positif dari aktivitas yang sekarang dilakukan sepenuhnya di rumah. Selama hampir 14 tahun menikah dengan Darius Sinathrya, baru kali ini Donna betul-betul merasa menjadi "full time mommy".

"Benar-benar di rumah, kerja di rumah, jadi anak dalam pengawasanku 24 jam."

Selain memastikan asupan gizi yang seimbang, olahraga, istirahat cukup dan menjaga pikiran selalu positif dan optimistis menjadi resep yang dipraktikkan Donna sekeluarga demi bisa melewati pandemi dengan jiwa dan raga sehat.

Dia bersyukur, gaya hidup sehat yang diajarkan kepada anak sudah dimulai jauh sebelum dia menghabiskan 24 jam di rumah saja berkat bantuan dari orang-orang di sekitarnya.

Ketika Donna masih aktif bekerja di luar rumah, penerapan pola makan sehat tetap berlangsung di bawah arahannya lewat bantuan orang-orang yang membantu mengurus buah hati.

"Dalam menyiapkan semua kebutuhan anak termasuk makanan dan camilan, yang beli tetap aku biar segala kebutuhan anak tetap terpenuhi. Gizi, nutrisi dan asupan tetap terkontrol."

Baca juga: #dirumahaja Darius Sinathrya & Donna Agnesia rencana bikin mie godhog

Baca juga: Donna Agnesia batasi anak gunakan medsos

Baca juga: Donna Agnesia arahkan anak untuk mencintai olahraga dan seni

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020