Virus masih ada di sekitar kita
Lima (ANTARA) - Peru akan memulai kembali penerbangan internasional ke beberapa negara di kawasan, kata pemerintah pada Rabu (30/9), saat negara itu akan mencabut pembatasan terkait virus corona dan membuka kembali ekonominya.

Penerbangan ke 11 kota tujuan di Kolombia, Ekuador, Chile, Bolivia, Paraguay, Uruguay, dan Panama akan dilanjutkan pada 5 Oktober, kata Presiden Martin Vizcarra.

Ia menambahkan bahwa berbagai protokol kesehatan, termasuk tes virus corona bagi para penumpang yang tiba di Peru, akan diterapkan.

Lalu lintas udara di Peru telah dihentikan sejak pertengahan Maret setelah pemerintah mengumumkan kasus positif pertama virus corona.

Baca juga: 82 pekerja tambang di Peru positif virus corona
Baca juga: Presiden Peru ancam ambil alih RS swasta selama pandemi COVID-19


Negara Amerika Selatan itu dilanda pandemi yang sangat parah, meskipun laju penularan virus corona dan kematian telah melambat dalam beberapa pekan terakhir.

Peru, negara berpenduduk 32,6 juta orang, saat ini memiliki 811.700 kasus virus corona, yang merupakan tertinggi kedua di Amerika Latin, dan mengalami 32.400 kematian akibat COVID-19.

"Virus masih ada di sekitar kita," kata Vizcarra.

Peru memulai "fase 4" pembukaan kembali baru-baru ini.

Pembukaan tahap keempat itu menandai peningkatan berbagai aktivitas ekonomi, termasuk daya tampung pengunjung yang diizinkan di restoran dan toko.

Namun, semua bar dan kasino tetap tutup.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kasus virus corona turun, Peru akan buka kembali ekonomi pada Oktober
Baca juga: Peru buka lagi penerbangan internasional 1 Oktober

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020