Pancasila menguatkan solidaritas menghadapi pandemi COVID-19

Pancasila menguatkan solidaritas menghadapi pandemi COVID-19

Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie (babel.antaranews.com/kasmono)

Belitung,Babel (ANTARA) - Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengatakan nilai-nilai Pancasila telah menguatkan solidaritas kemanusiaan dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang terjadi sekarang ini.

"Yang paling bagus dari Pancasila adalah solidaritas dan semangat gotong royong," katanya usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober di Tanjung Pandan, Kamis.

Baca juga: Erzaldi: Penerus bangsa harus bisa maknai sejarah Kesaktian Pancasila

Menurut dia, dengan semangat nilai-nilai Pancasila yang diaktualisasikan dalam menghadapi pandemi COVID-19, dapat menguatkan rasa kebersamaan dan saling tolong menolong.

"Kita saling membantu tanpa melihat status, misalnya sebagai contoh antar daerah membantu daerah lain dari Sabang sampai Merauke dan Mianggas hingga Pulau Rote semuanya saling bantu," ujarnya.

Maka dari itu, lanjut Wabup, dengan semangat Pancasila ini maka harus menjadi semangat bersama agar berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 di masing-masing daerah.

Baca juga: Bamsoet: Jadikan peringatan kesaktian Pancasila meneguhkan ideologi

"Pancasila adalah wujud solidaritas kemanusiaan dalam kebersamaan," katanya.

Kendati demikian, Pancasila memang terus diuji dengan berbagai macam tantangan di setiap zamannya seperti berita bohong, "proxy war" dan sosial media yang bisa menjadi tantangan terhadap keutuhan pancasila.

"Namun Pancasila sudah final bukan hanya menjadi dasar dan ideologi bangsa tetapi juga sudah menjadi darah daging dan jiwa masyarakat Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Sosiolog: Pancasila jangan hanya sebatas butir hafalan

Pewarta: Kasmono
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar