Nilai Pancasila sebagai modal hadapi pandemi COVID-19

Nilai Pancasila sebagai modal hadapi pandemi COVID-19

Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori (babel.antaranews.com/kasmono)

Ini menjadi roh dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara, terutama seperti saat ini bangsa Indonesia tengah diuji dengan pandemi
Belitung,Babel (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ansori mengajak masyarakat untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sebagai modal dan kekuatan menghadapi pandemi COVID-19.

"Nilai-nilai Pancasila menjadi modal dan kekuatan bersama bangsa dalam mengatasi pandemi COVID-19," kata ketua DPRD Belitung Ansori usai menghadiri upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai dan semangat gotong royong untuk menjadi sumber kekuatan bagi semua lapisan masyarakat dalam menghadapi bencana non alam pandemi COVID-19.

Baca juga: Pancasila menguatkan solidaritas menghadapi pandemi COVID-19

"Ini menjadi roh dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara, terutama seperti saat ini bangsa Indonesia tengah diuji dengan pandemi," ujarnya.

Pancasila, kata Ansori, dengan nilai-nilai keagamaan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan sosialnya telah terbukti mampu menjadi landasan hidup bagi bangsa Indonesia.

Untuk itu, di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19 sekarang ini nilai-nilai Pancasila ini diyakini bisa menjadi modal besar dalam melawan penyebaran virus tersebut.

Baca juga: Sosiolog: Sediakan layanan kesehatan hingga desa demi keadilan sosial

"Dengan semangat gotong royong ini maka masyarakat membantu satu sama lain misalnya yang memiliki ekonomi kuat membantu masyarakat dengan ekonomi yang lemah," katanya.

Dengan demikian, dirinya meyakini dengan semangat Pancasila mampu membuat bangsa ini bertahan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Karena kita sama-sama meyakini bahwa pandemi ini akan berakhir mari bersama dengan semangat gotong-royong Pancasila kita lawan pandemi ini," ujarnya.

Baca juga: Gubernur Sultra: Semangat Hari Pancasila untuk lawan pandemi COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar