Ini bantuan modal kerja, bukan untuk hal-hal yang konsumtif seperti beli handphone atau mencicil sepeda motor. Kapan-kapan saya mampir ke tempat bapak dan ibu sekalian, oh usahanya sudah berkembang
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada para pelaku UMKM di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), agar tak patah semangat dan terus berusaha di tengah pandemi COVID-19.

Dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo, NTT, Kamis, Presiden Jokowi menyerahkan bantuan modal kerja (BMK) bagi para pelaku usaha mikro dan kecil yang berasal dari Labuan Bajo.

Presiden Jokowi menyampaikan harapannya kepada 60 penerima bantuan yang hadir di lokasi penyerahan di sekitar terminal multifungsi Labuan Bajo agar menggunakan sebaik mungkin bantuan tersebut sesuai peruntukan.

"Pertahankan usaha yang sudah ada, jangan sampai tutup. Ini bantuan modal kerja, bukan untuk hal-hal yang konsumtif seperti beli handphone atau mencicil sepeda motor. Kapan-kapan saya mampir ke tempat bapak dan ibu sekalian, oh usahanya sudah berkembang. Ini yang kita inginkan," ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Bagikan modal kerja, Presiden: Semangat usaha jangan sampai kendur

Presiden Jokowi juga berharap bantuan modal kerja sebesar Rp2,4 juta tersebut nantinya dapat meringankan beban usaha para pelaku yang memang mengalami penurunan keuntungan ataupun omzet, yang dipahami benar oleh Presiden, di tengah situasi saat ini.

Meski demikian, para pelaku usaha tersebut dimintanya untuk tidak mengendurkan semangat dan tetap bekerja keras hingga keadaan kembali normal.

"Kita tidak boleh menyerah. Kita harus tetap semangat. Jangan sampai semangat kerja kita jadi kendur. Posisi seperti ini semangat kerjanya ditingkatkan sehingga nanti pada saat kondisi sudah normal, kita siap memasuki dunia normal kembali," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden bagikan modal kerja ke pedagang sayur hingga penjual siomay

Menurut Presiden, di saat situasi berangsur normal kembali, yakni ketika vaksin COVID-19 telah ditemukan dan disuntikkan kepada masyarakat, maka perlahan usaha-usaha yang digeluti para pelaku usaha mikro dan kecil tersebut juga akan bergeliat kembali.

"Toko-toko Ibu akan mulai kedatangan pembeli sebanyak pada saat sebelum kita pandemi atau mungkin lebih baik," tutur Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, penyerahan bantuan modal kerja tersebut digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan mencegah kerumunan yang terlalu banyak. Para penerima bantuan tersebut juga telah melalui proses pemeriksaan kesehatan sebelum memasuki lokasi penyerahan.

Baca juga: Presiden Jokowi meninjau progres penataan kawasan wisata Labuan Bajo

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020