Polisi terbitkan selebaran DPO napi kabur dari Lapas Tangerang

Polisi terbitkan selebaran DPO napi kabur dari Lapas Tangerang

Selebaran DPO Cai Changpan yang diterbitkan Polda Metro Jaya. Narapidana mati kasus narkoba asal China Cai Changpan diketahui melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang dan saat ini dalam pengejaran petugas. ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Betul, jadi sudah dimunculkan DPO ke yang bersangkutan
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Tangerang Kota telah memasukkan narapidana (napi) Cai Changpan ke dalam daftar pencarian orang (DPO) serta menerbitkan selebaran DPO yang bersangkutan karena kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang.

"Betul, jadi sudah dimunculkan DPO ke yang bersangkutan, itu benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi, Kamis.

Selebaran tersebut juga mencantumkan nomor telepon Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota di nomor 081253178671, yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang mempunyai informasi mengenai keberadaan Cai Changpan.

Yusri juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melindungi dan menyembunyikan keberadaan sang napi.

Dia juga mengingatkan ada sanksi pidana yang menanti pihak yang menghalangi tugas polisi dengan menyembunyikan tersangka.

"Pasal 223 KUHP, barang siapa dengan sengaja melepaskan atau menolong, melindungi orang yang ditahan atau napi bisa dihukum pidana dua tahun delapan bulan," tegas Yusri.

Selebaran informasi DPO yang disebar oleh pihak kepolisian tersebut turut menyertakan dua foto wajah Cai Changpan.

Narapidana kasus narkoba Cai Changpan diketahui kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang pada Senin (14/9) dengan cara menggali terowongan hingga keluar Lapas.

Hasil penyelidikan awal Polda Metro Jaya mengungkapkan Cai Changpan sudah merencanakan pelariannya dengan menggali terowongan sejak enam bulan lalu.

Cai diduga mendapatkan alat-alat untuk menggali terowongan dari proyek pembangunan dapur yang sedang berlangsung di dalam Lapas Tangerang.

Baca juga: Napi narkoba asal China curi ponsel rekan satu sel sebelum kabur
Baca juga: Polisi selidiki laporan oknum sipir tertidur saat napi narkoba kabur

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

WNA terpidana mati kabur, DPR dorong penambahan petugas lapas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar