Warga Kepulauan Seribu keluhkan kondisi ekonomi akibat PSBB Jakarta

Warga Kepulauan Seribu keluhkan kondisi ekonomi akibat PSBB Jakarta

Relawan Indonesia Bersatu (RIB) yang diinisiasi Sandiaga Uno menyalurkan paket bantuan sosial sembako di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Kamis (1/10/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Ikan hanya dijual dengan tetangga di sekitar rumah saja
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga Kepulauan Seribu mengeluhkan kondisi ekonomi akibat pandemi virus corona (COVID-19) dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Ekonomi rumah tangga sangat terasa, apalagi suami seorang nelayan yang penghasilannya sangat berkurang saat PSBB," kata warga Pulau Kelapa, Rani, di Jakarta, Kamis.

Dia menyatakan pembatasan akses transportasi masuk dan keluar Pulau Seribu, membuat nelayan kesulitan untuk menjual hasil tangkapan mereka.

"Ikan hanya dijual dengan tetangga di sekitar rumah saja," ujar Rani.

Hal senada disampaikan Syamsudin, nelayan asal Pulau Kelapa yang mengeluhkan penghasilan mereka menurun drastis saat pandemi COVID-19.

Ia mengatakan, dengan pendapatan yang berkurang tidak bisa menutupi biaya yang dikeluarkan untuk keluarga.

"Sekarang anak-anak sekolah daring, ada biaya tambahan membelikan paket data setiap bulan," ungkap Syam.

Sementara warga Pulau Harapan, Epi mengeluhkan dengan aturan PSBB Jakarta saat ini membuat penghasilan dari sektor pariwisata anjlok.

Selama ini dirinya menghidupi keluarga dengan pendapatan dari jasa pariwisata.

"Sudah tidak ada wisata yang datang ke pulau. Padahal saat PSBB transisi, ekonomi warga sudah kembali membaik," ungkap Epi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintah Kelurahan Pulau Kelapa Muslim mengakui dampak pandemi cukup besar untuk kesejahteraan masyarakat. Sebelum adanya pandemi, warga pulau cukup sejahtera dengan aktivitas nelayan dan usaha di bidang pariwisata.

"Dulu wisatawan yang datang sampai kekurangan penginapan. Sekarang, semua penginapan yang dikelola warga kosong," jelas Muslim.

Muslim berharap bantuan sosial dari berbagai pihak dapat menyentuh warga di Kepulauan Seribu karena sebagian besar warga bahkan mulai kesulitan menghidupi keluarga mereka.

Salah satu pihak yang menyalurkan bantuan sosial di Kepulauan Seribu untuk warga terdampak COVID-19 yakni Relawan Indonesia Bersatu (RIB) yang diinisiasi Sandiaga Uno.

"Jangan dilihat berapa jumlah yang disalurkan, tetapi semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga," kata Sandiaga.

Selain itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menyalurkan paket bantuan sosial sembako pasca PSBB Jakarta yang ditetapkan hingga 11 Oktober 2020.

Baca juga: Relawan salurkan 100 paket sembako COVID-19 di Kepulauan Seribu
Baca juga: Baznas Bazis bagikan 260 kupon santunan di Kepulauan Seribu

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sapi kurban Presiden dikirim ke Kepulauan SeribuĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar