Kemendag sambut satu tahun jelang Expo 2020 Dubai

Kemendag sambut satu tahun jelang Expo 2020 Dubai

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto ANTARA/Mentari Dwi Gayati/aa.

Presiden meminta kami untuk menangkap peluang promosi potensi ekonomi Indonesia melalui Expo 2020 Dubai. Ajang tersebut dapat dijadikan hub untuk membangun jembatan ekonomi dengan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika sebagai emerging economy.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perdagangan menyambut satu tahun menjelang Expo 2020 Dubai yang merupakan momentum untuk mengingatkan kembali masyarakat dan menegaskan posisi Indonesia di kancah global sebagai upaya pemulihan pascapandemi COVID-19.

Perhelatan akbar yang sebelumnya akan digelar dalam waktu dekat di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), tersebut harus disesuaikan karena pandemi COVID-19 menjadi 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Expo 2020 Dubai merupakan World Expo ke-34 dan akan mengusung tema “Connecting Minds, Creating the Future”.

“Presiden meminta kami untuk menangkap peluang promosi potensi ekonomi Indonesia melalui Expo 2020 Dubai. Ajang tersebut dapat dijadikan hub untuk membangun jembatan ekonomi dengan negara-negara di Timur Tengah dan Afrika sebagai emerging economy,” kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto lewat keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Hal itu diutarakan Mendag dalam konferensi pers bertajuk “One Year to Go Indonesia Pavilion at Expo 2020 Dubai” yang digelar secara virtual dari auditorium Kemendag. Turut hadir dalam acara tersebut Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri, Duta Besar RI untuk UEA Husin Bagis, dan perwakilan sponsor utama.

“Perhelatan tertua dan terbesar dunia ini tengah bersiap untuk membantu membentuk dunia pascapandemi dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” jelas Mendag Agus.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai merupakan bagian dari upaya peningkatan promosi citra, perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia, khususnya di wilayah Timur Tengah dan dunia pada umumnya.

Baca juga: Kemendag gelar "trade expo" dengan konsep tiga dimensi

Partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai, lanjut Mendag, merupakan wujud Indonesia Incorporated. Pemerintah dan pihak swasta bersama-sama bergandengan dan bahu-membahu mendukung kesuksesan partisipasi Indonesia pada gelaran tersebut.

PT Astra International Tbk merupakan pihak yang menyatakan dukungan kali pertama dalam keikutsertaan Indonesia pada Expo 2020 Dubai. Selanjutnya, dukungan lain datang dari PT Gajah Tunggal Tbk, Grup APRIL, dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA).

Chief of Corporate Affairs Astra International Riza Deliansyah mengatakan, Astra senantiasa berupaya memberikan manfaat untuk bangsa. Wujud nyata komitmen tersebut adalah dukungan Astra dalam World Expo 2020 Dubai.

“Astra hadir menjadi sponsor utama Paviliun Indonesia untuk ikut serta mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia. Pagelaran ini menjadi momentum Indonesia untuk membangun citra positif dan meningkatkan kesadaran dunia akan potensi Indonesia di bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi,” kata Riza.

Sementara itu, Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Salem Obeid Al Dhaheri menekankan, partisipasi Indonesia di Expo 2020 Dubai sangat penting bagi UEA. Paviliun Indonesia diyakini dapat menjadi rumah bagi keberagaman dan inovasi.

Selain itu, juga menjadi peluang menciptakan masa depan yang lebih baik dengan memadukan teknologi modern dan kearifan lokal.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

World Expo 2020 Dubai ditargetkan Mendag bantu pemulihan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar