Liga Spanyol

Sergino Dest resmi jadi pemain Barcelona

Sergino Dest resmi jadi pemain Barcelona

Dok - Para pemain Ajax merayakan gol Sergino Dest (kedua kanan) ke gawang Telstar dalam laga 32 besar Piala Belanda di Stadion Rabobank Ijmond, Velsen-Zuid, Belanda, Rabu (18/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@AFCAjax)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona telah resmi menyelesaikan transfer bek kanan asal Amerika Serikat (AS) Sergino Dest dari Ajax pada Kamis, ungkap klub Katalunya tersebut pada situs resmi mereka.

Pemain berusia 19 tahun menjadi pemain asal AS pertama yang direkrut Barcelona dan dikontrak selama lima tahun. Ajax sendiri menerima 21 juta euro (sekitar Rp366 miliar) serta potensi tambahan 5 juta euro (sekitar Rp87 miliar) dari transfer tersebut.

Barcelona menetapkan klausul rilis sang pemain hingga 400 juta euro (sekitar Rp6,98 triliun). Dest telah memilih untuk menggunakan nomor punggung 2 di klub barunya tersebut, yang musim lalu dikenakan Nelson Semedo sebelum pindah ke klub Inggris Wolves.

Baca juga: Barcelona menjejak musim baru dengan skuad dan gaya berbeda

Blaugrana harus bersaing dengan Bayern Munchen untuk mendapatkan jasa Dest, dengan juara Eropa itu sudah dua kali melakukan perjalanan ke Amsterdam demi melakukan pembicaraan meski tidak membuahkan hasil.

Sejumlah narasumber mengatakan kepada ESPN bahwa pelatih Barcelona Ronald Koeman adalah sosok kunci dalam kesuksesan klubnya mengamankan talenta muda tersebut.

Saat Koeman masih melatih timnas Belanda, ia mencoba membujuk Dest untuk membela tim Oranje, tetapi sang pemain lebih memilih bermain untuk Amerika Serikat.

Dest bergabung ke Camp Nou setelah menghabiskan hampir satu dekade bersama Ajax sejak ia menembus tim utama dari akademi klub.

Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ajax pada Desember 2018 dan melakukan debut tim utama pada Agustus 2019. Setelah hanya satu musim di tim utama Ajax, Dest bergabung dengan Barcelona, di mana ia akan bersaing dengan Sergi Roberto untuk memperebutkan posisi bek kanan.

Baca juga: Messi ingin akhiri pertentangan di Barcelona
Baca juga: Ronald Koeman girang lihat penampilan mengesankan Ansu Fati

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kacamata Berbingkai Kayu Yogyakarta Yang Mencapai Barcelona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar