New York (ANTARA) - Wall Street menguat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah bergerak maju-mundur saat investor membalikkan berita penuh harapan menjadi pesimis tentang kemajuan pembicaraan stimulus Washington di tengah sinyal memudarnya momentum pemulihan ekonomi dari resesi pandemi, yang sekarang memasuki bulan kesembilan.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 35,2 poin atau 0,13 persen menjadi ditutup di 27.816,9 poin. Indeks S&P 500 bertambah 17,8 poin atau 0,53 persen, menjadi berakhir di 3.380,8 poin. Indeks Komposit Nasdaq menambahkan 159,00 poin atau 1,42 persen, menjadi berakhir di 11.326,51 poin.

Dari 11 sektor utama di S&P 500, tujuh mengakhiri sesi lebih tinggi. Real estate adalah peraih persentase terbesar, sementara perusahaan energi merugi terbesar, anjlok 3,1 persen.

Serentetan data, termasuk klaim pengangguran dan belanja konsumen, menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi yang lamban bisa kehilangan momentum.

Investor sekarang melihat ke laporan ketenagakerjaan Departemen Tenaga Kerja yang diharapkan pada Jumat waktu setempat untuk mengukur lebih lanjut kemajuan ekonomi.

Baca juga: Wall Street dibuka lebih tinggi, Indeks Dow Jones naik 177,35 poin

Dalam negosiasi untuk kesepakatan bantuan baru pandemi, Gedung Putih membalas paket 2,2 triliun dolar AS dari Partai Demokrat di DPR dengan proposal 1,5 triliun dolar AS lebih.

Tetapi kesepakatan yang akan segera terjadi tampaknya sulit tercapai setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi memperingatkan bahwa Demokrat dan Gedung Putih tetap terjebak dalam perdebatan tentang besaran stimulusnya.

“Ini semua tentang stimulus fiskal dan bola ada di pengadilan Kongres,” kata Ryan Detrick, ahli strategi pasar senior di LPL Financial di Charlotte, North Carolina. “Kami terus percaya bahwa mereka semakin dekat dan mendekati inning terakhir, tetapi peregangan terakhir seringkali menjadi yang tersulit.”

"Kami yakin kami akan mencapai kesepakatan sebelum pemilu dan kedua belah pihak akan mengklaim kemenangan," tambah Detrick.

Baca juga: Wall Street ditutup lebih tinggi di tengah data ekonomi

S&P 500 dan Nasdaq kembali mendapatkan sebagian besar dukungan mereka dari saham teknologi besar dan saham yang bersebelahan dengan teknologi, dengan Amazon.com, Microsoft Corp dan Apple Inc memberikan peningkatan terbesar.

"Dengan kekecewaan dari Washington, kami melihat langkah ini kembali ke perdagangan keamanan teknologi besar," kata Detrick. Hari ini adalah mikrokosmos dari enam bulan terakhir.

Dengan pembukuan ditutup pada kuartal ketiga, pelaku pasar menunggu musim laporan laba, yang akan berlangsung sekitar dua minggu.

Para analis saat ini memperkirakan laba S&P 500, secara agregat, jatuh 21,4 persen secara tahun ke tahun menurut Refinitiv.

Exxon Mobil Corp merosot 3,5 persen setelah mengisyaratkan kerugian kuartal ketiga yang lebih besar dari perkiraan karena jatuhnya harga minyak dan anjloknya permintaan.

Saham pengecer Bed Bath & Beyond Inc melonjak 25,1 persen setelah membukukan keuntungan kuartalan yang mengejutkan karena bisnis daring sedang booming.

Boeing Co naik 1,6 persen dan setelah Kepala Badan Penerbangan Federal AS Steve Dickson mengatakan "Saya menyukai apa yang saya lihat" pada uji terbang 737 MAX hari sebelumnya.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020