Hulu Sungai Utara (ANTARA) - Tim Kementerian Kesehatan membantu Pemerintah Kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, dalam mempercepat penanggulangan pandemi COVID-19 dan upaya penguatan kesehatan esensial lainnya.

Kepala Seksi Deteksi Penyakit Infeksi Emerging pada Ditjen P2P Kemenkes, Chita Septiawati, Jumat, mengharapkan Pemkab Hulu Sungai Utara terus memaksimalkan upaya penanggulangan COVID 19.

"Seperti menggerakkan kader melalui PKK agar langsung mengingatkan masyarakat di desa, termasuk dukungan TNI Polri," ujarnya.

Ia juga berharap kegiatan yang bisa mengakibatkan terjadinya kerumunan warga harus terus diawasi guna memutus penyebaran COVID 19.

Baca juga: Sarana tes usap massal COVID-19 di HSU sudah siap dilaksanakan

Baca juga: Tika Aprilia, relawan asal HSU Kalsel untuk pasien COVID-19 di Jakarta


Bupati Hulu Sungai Utara, H Abdul Wahid HK, mengemukakan, kasus COVID-19 di daerahnya sebanyak 472 positif, perawatan tersisa 22 orang, sedang pasien sembuh 430 orang, pasien meninggal 20 orang, kasus suspek 14 kasus, RDT 5517, reaktif 803, pelaksanaan tes usap (swab) 1.954 orang

"Rumah sakit daerah juga sudah memiliki alat tes usap sendiri dan mulai dioperasikan 01 Oktober, sehingga daerah kami sudah bisa melakukan tes usap mandiri," ujar Wahid.

Pihaknya juga melibatkan usaha kecil menengah (UKM) memproduksi Alat Pelindung Diri seperti masker kain, alat pelindung wajah (face shield) kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Tahap awal, kata Wahid, pembuatan face shield dibagikan gratis kepada para pedagang siap saji dan selanjutnya terus diproduksi untuk kalangan masyarakat lainnya.

"Pembagian masker kain sudah tak terhitung, sudah ratusan ribu masker dibagikan ke masyarakat," katanya.

Wahid juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas peran TP PKK, TNI Polri dalam melakukan giat sosialisasi dan operasi penegakan protokol kesehatan (prokes) ke masyarakat.

Pemkab Hulu Sungai Utara menerbitkan Perbup Nomor 37 untuk penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes COVID 19 yang sudah memasuki tahap operasi atau razia masker.

Bupati bersyukur Pemerintah Pusat memberikan perhatian khusus dan memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dalam percepatan penanggulangan COVID 19.*

Pewarta: Imam Hanafi/edy abdillah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020