Jakarta (ANTARA) - Bos Tottenham Hotspur Jose Mourinho menanggapi pernyataan pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengenai beban kerja Harry Kane dengan mengatakan dia tidak akan membiarkan sang striker bermain dalam laga persahabatan apa pun.

Mengingat jadwal yang sangat padat, Mourinho meminta Southgate melindungi Kane dengan tidak memainkan dia dalam semua pertandingan Inggris mendatang, termasuk pertandingan persahabatan melawan Wales dan laga Nations League menghadapi Belgia dan Denmark bulan ini.

Southgate menyerang balik dengan mengungkapkan keprihatinannya kepada kebugaran Kane karena harus bekerja di dua tempat. Dia mendesak Mourinho menjamin kapten timnas Inggris itu dalam kondisi siap tempur untuk Euro 2020 yang dimundurkan tahun depan karena pandemi virus corona.

Baca juga: Mourinho sebut Kane contoh peran penting yang kerap tak tersorot
Baca juga: Walau Tottenham menang Mourinho keluhkan jadwal


Kane mencetak hat-trick yang membawa klub London utara itu masuk fase grup Liga Europa setelah menang 7-2 melawan Maccabi Haifa beberapa jam lalu yang merupakan kemenangan ketiga Spurs dalam waktu lima hari.

"Pertandingan ini laga fundamental bagi kami. Pertandingan yang bernilai jutaan pound dan mengartikan kami berada dalam fase grup kompetisi di mana kami memiliki ambisi," kata Mourinho seperti dilaporkan Reuters.

"Untuk teman saya Gary, saya bisa menjanjikan bahwa sampai akhir musim ini saya tidak memainkan Harry Kane satu menit pun pertandingan persahabatan apa pun."

Spurs menghadapi Manchester United dalam pertandingan liga Minggu lusa.

Baca juga: Tottenham menang 7-2 atas Maccabi untuk meluncur ke fase grup
Baca juga: Maguire kembali masuk timnas Inggris, saat Greenwood dan Foden dicoret

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020