Lima tips optimalkan streaming Netflix di telepon genggam

Lima tips optimalkan streaming Netflix di telepon genggam

Logo Netflix (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Menonton serial atau film favorit di layanan video on-demand seperti Netflix menjadi pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu di rumah selama pandemi.

Dalam keterangan resminya, Jumat, Netflix memberikan kebebasan bagi pelanggannya untuk dapat menonton di berbagai perangkat, termasuk telepon genggam dan tablet tanpa jeda iklan.

Berikut adalah lima tips untuk mengoptimalkan pengalaman menonton dan rekomendasi film-film Indonesia terbaik di Netflix menggunakan telepon genggam.

1. Menonton film lebih efisien dengan paket ponsel dan fitur "Download"

Di Indonesia, banyak anggota Netflix yang melakukan streaming menggunakan telepon genggam. Sehingga Netflix terus memperbaiki cara bagaimana konten tersebut bisa dinikmati dengan kualitas terbaik tapi dengan penggunaan bandwidth yang lebih rendah memanfaatkan video encoding dan adaptive streaming.

Baca juga: Tiga drama Korea baru bulan ini di Netflix

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle bantah bintangi serial Netflix


Pada perangkat seluler, video encoding Netflix yang efisien memungkinkan anggota untuk dapat streaming hingga 6,5 jam konten per 1 GB data atau setara dengan menonton tiga judul film Indonesia, tetapi itu tergantung kembali pada data, jenis telepon genggam, konten apa yang ditonton, dan lainnya.

Teknologi adaptive streaming Netflix juga secara dinamis menyesuaikan kualitas video dan suara berdasarkan bandwidth sehingga tidak akan mengalami buffering. Hal itu juga membuat penggunaan data menjadi efisien.

Bagi pengguna telepon genggam atau tablet bisa menikmati film Indonesia di Netflix dengan berlangganan paket ponsel dengan biaya yang terjangkau yakni Rp54.000 per bulan.

Selain itu, manfaatkan fitur "Download" untuk menonton film terbaik secara offline tanpa jeda iklan. Kualitas video download juga bisa diatur melalui menu "Pengaturan Aplikasi".

2. Jangan lewatkan tayangan favorit dengan fitur "Segera Hadir" dan "Ingatkan Saya"

Jika tidak ingin ketinggalan rilis film Indonesia terbaru di Netflix, pada telepon genggam, bisa menggunakan tab ‘Segera Hadir’ yang berguna untuk mengetahui tayangan apa saja yang akan datang.

Ada juga fitur "Ingatkan Saya" yang berbentuk ikon lonceng untuk mendapatkan notifikasi jika film yang ditunggu sudah tayang di Netflix.

Netflix juga terus bekerja sama dengan para pembuat film lokal untuk menghadirkan lebih banyak cerita berkualitas dari Indonesia.

3. Gunakan "Profil Anak", agar tidak khawatir saat anak-anak menonton di telepon genggam

Tak perlu khawatir anak-anak akan mengakses konten-konten yang tidak sesuai kelompok usia mereka di telepon genggam, karena Netflix telah menyediakan ‘Profil Anak’ yang dibuat khusus untuk mereka.

Masukkan 4 digit PIN untuk mengunci profil, sehingga anak-anak tidak akan pernah dapat mengakses profilmu dari perangkat mana pun. Untuk membuat PIN, pilih ‘Akun’ > ‘Profil dan Kontrol Orang Tua’ > ‘Profil’ > pilih ‘Ubah’ di ‘Kunci Profil’.

Netflix juga menyediakan banyak film lokal bertema keluarga seperti “Petualangan Sherina” atau cerita seru “Koki-Koki Cilik 2” yang akan hadir.

4. Bagikan film favorit di media sosial

Ingin berbagi inspirasi setelah menonton film “Kartini” atau “Petualangan Sherina” yang mengangkat cerita-cerita luar biasa kepada teman-teman melalui aplikasi Netflix di telepon genggam?

Caranya mudah, buka film Indonesia yang disukai, kemudian pilih "Bagikan" lalu bisa diunggah melalui Instagram Story, Twitter, atau kirim rekomendasi ke kerabat lewat WhatsApp atau SMS.

5. Lewatkan atau ulang adegan film

Jika ingin mengulang atau melewatkan adegan ketika menonton film favorit, dapat menggunakan fitur "Backward" dan "Forward" yang akan mengulang atau mempercepat tayangan 10 detik.

Ingin mendapatkan pengalaman menonton yang lebih nyata? Tonton film favorit dengan sistem audio 5.1 dan Dolby Atmos melalui pelantang telinga berkualitas untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih imersif dan tentunya, anggota keluarga di rumah tidak terganggu dengan suara film yang sedang ditonton.

Baca juga: Netflix didesak hentikan proyek fiksi ilmiah tentang Uighur

Baca juga: Sembilan aktor Korea terpopuler versi Netflix

Baca juga: Animasi musikal Netflix "Over the Moon" rilis Oktober 2020

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

INDEF dukung pemerintah pungut PPN Google, Amazon, Netflix, dan Spotify

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar