Jakarta (ANTARA) - E-commerce Blibli menghadirkan fitur “Langganan” yang memungkinkan pengguna berbelanja kebutuhan sehari-hari, secara online sesuai dengan prioritas di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

"Fitur Langganan memungkinkan pelanggan untuk mengatur supaya belanja rutin rumah tangga di Blibli dapat diulang secara otomatis sesuai frekuensi yang dipilih," kata Vice President Trade Partnership Blibli, Stephanie Santoso dalam siaran persnya, ditulis Sabtu.

Menurut Stephanie, melalui fitur ini pelanggan bisa berbelanja sembari menyesuaikan dengan potongan harga yang tersedia dan sistem pembayaran yang dilakukan terintegrasi sehingga membantu mereka menghemat uang dan waktu secara bersamaan.

Ketersediaan fitur pelanggan salah satunya didasarkan pada studi Kantar pada Agustus 2020 yang menyatakan 80 persen responden kini menjadi kian cermat dalam mengatur keuangan mereka akibat COVID-19.

Sebanyak lebih dari 60 persen responden bahkan bersedia mencoba metode belanja baru demi mendapatkan harga yang paling terjangkau untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk menikmati fitur Langganan, pengguna bisa masuk ke aplikasi Blibli, pilih “BlibliMart”, lalu pilih tab ”Langganan” dan pilih produk Langganan yang diinginkan.

Setelahnya, atur frekuensi paket langganan (bulanan atau mingguan) hingga maksimal 12 bulan atau 54 minggu ke depan, serta jumlah produk yang diperlukan.

Langkah berikutnya, lakukan check out dan pilih sistem pembayaran. Di fase peluncuran fitur Langganan, tersedia opsi auto-debet melalui kartu debit dan kartu kredit. Nantinya, opsi pembayaran, termasuk e-money juga akan ditambahkan. Pendebetan dilakukan maksimal empat hari sebelum pengiriman.

Paket akan diterima maksimal empat hari setelah pembayaran, tergantung lokasi pelanggan.

Sebelum memanfaatkan fitur, pengguna dapat memilih “harga tetap” atau “diskon tetap” saat melakukan pengaturan. Untuk pilihan harga tetap, akan dikenakan harga sama walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan.

Sementara untuk pilihan diskon tetap, pengguna akan mendapatkan diskon yang sama besarnya walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan. Dengan kata lain, jumlah produk yang dipilih dalam satu periode berlangganan berpengaruh pada penghematan yang diperoleh.

Baca juga: Festival Soto Nusantara daring hadir di Blibli

Baca juga: Sambut HUT RI, Blibli ajak UMKM jadi "Pejuang Lokal"

Baca juga: Produk UMKM lokal Blibli tumbuh selama pandemi

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020