Meulaboh (ANTARA) - Pesawat jenis ATR seri 72-600 Citilink (anak usaha Garuda Indonesia), mendarat dengan mulus di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, untuk pertama kalinya, setelah sebelumnya terbang dari Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sebelum tiba di Nagan Raya, pesawat jenis ATR seri 72-600 dengan nomor registrasi PK-GCR tersebut transit di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekan Baru, Riau.

“Ini penerbangan charter bukan penerbangan komersial,” kata Kasubbag Tata Usaha Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, M Majid, Sabtu.

Ia menjelaskan penerbangan Citilink dari Jakarta dan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekan Baru, Riau tersebut merupakan penerbangan perdana ke Nagan Raya Aceh.

Maskapai tersebut mengangkut sekitar 46 orang penumpang dan setelah mendarat sekitar 30 menit di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, pesawat ini langsung kembali terbang ke Jakarta dan dijadwalkan transit kembali ke Pekan Baru, Riau.

M Majid mengakui dengan adanya penerbangan maskapai Citilink ke Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, hal ini dinilai positif karena dapat meyakinkan semua pihak bahwa bandara ini mampu melayani semua maskapai penerbangan.

Baca juga: Citilink rencanakan buka rute Makassar - Jeddah

Ia juga mengakui sebelumnya pada akhir 2019 lalu, manajemen maskapai Citilink juga sudah berupaya menjajaki pembukaan penerbangan ke Bandara Nagan Raya.

Rencananya maskapai tersebut akan terbang dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang Sumetara Utara (KNO) ke Meulaboh (MEQ) melalui Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh atau memilih rute dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), Blang Bintang, Aceh Besar ke Meulaboh (MEQ) Nagan Raya, lalu terbang kembali ke Sumatera Utara (KNO).

Sementara itu, Distric Sales Manager Branch office Citilink Medan, Herry Andi P Manopo saat melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh pada Kamis (12/12/2019) lalu mengatakan rencana pembukaan rute penerbangan ke Nagan Raya dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara karena disebabkan banyaknya keinginan dari masyarakat yang menginginkan adanya penambahn rute penerbangan ke daerah itu.

Bahkan dari kalangan pelaku usaha dan investor juga menginginkan agar Citilink hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan transportasi udara yang lebih baik.

Ia juga yakin, potensi pengembangan bisnis maskapai pelat merah tersebut akan mengalami peningkatan karena banyaknya masyarakat yang akan bisa mendapatkan pilihan penerbangan.

Baca juga: Citilink pindah ke Terminal 3 Soekarno-Hatta Kamis ini

Nantinya, penerbangan pesawat udara ke Nagan Raya direncanakan akan dilayani oleh pesawat jenis ATR dengan kapasitas (seat) penumpang sebanyak 70 orang.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020