Bersih lingkungan pasar di Paniai-Papua digelar TNI sambut HUT ke-75

Bersih lingkungan pasar di Paniai-Papua digelar TNI sambut HUT ke-75

Prajurit TNI dari Koramil 1705/02/Enarotali, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, Sabtu (3/10/2020) membersihkan lingkungan pasar dalam rangka HUT TNI ke-075. (FOTO ANTARA/HO-Penrem 173/PVB)

Banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Pemandangan sampah plastik ada di mana-mana dan membuat selokan aliran air juga ikut tersumbat sehingga perlu dibersihkan
Paniai, Papua (ANTARA) - Prajurit TNI yang dipimpin Danramil 1705-02/Enarotali Mayor (CBA) Marina Rumawak bersama warga melaksanakan bersih lingkungan di Pasar Enarotali Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-75, Sabtu.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan karya bakti bersih pasar untuk membangun solidaritas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan komponen masyarakat yang ada di wilayah binaan. Diharapkan melalui kegiatan ini terwujud kuat kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik, akan bertambah lebih baik lagi," kata Danramil 1705-02 Paniai Mayor (CBA) Marina Rumawak.

Tujuan lain dari karya bakti itu, kata dia, untuk selalu menciptakan lingkungan yang bersih dan indah, terutama di pusat pelayanan masyarakat seperti pasar tradisional bagi para "mama-mama" di daerah itu.

"Sebab banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Pemandangan sampah plastik ada di mana-mana dan membuat selokan aliran air juga ikut tersumbat sehingga perlu dibersihkan," katanya.

Selain membersihkan sampah, kata dia, kegiatan prajurit TNI juga menyemprot air dengan mengunakan mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan membersihkan los pasar tradisional yang nantinya akan digunakan oleh mama-mama yang akan menjual ikan.

"Kondisi los pasar yang ada sekarang ini sudah tidak layak pakai dan kebersihannya sangat kurang karena fasilitas untuk pembuangan sampah serta WC umum yang belum ada," katanya.

Ia menambahkan keterlibatan anggota Koramil 1705-02/Enarotali dalam rangka HUT TNI ke-75, tanggal 5 Oktober 2020 diharapkan dapat membantu kesulitan masyarakat.

"Hal Ini merupakan bentuk nyata kepedulian prajurit TNI terhadap kesulitan masyarakat, dan kemanunggalan TNI-rakyat," demikian Marina Rumawak ​​​​​​.

Baca juga: Pelajar di Mamberamo Raya-Papua diajak bersihkan lingkungan sekolah

Baca juga: Prajurit TNI ajarkan mandi bersih kepada anak di Deiyai Papua

Baca juga: Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Baca juga: TNI ajarkan ilmu dasar komputer siswa SMP Papua di perbatasan RI-PNG

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar