Jakarta (ANTARA) - Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan mengguyur sebagian wilayah DKI Jakarta pada Ahad siang hingga menjelang malam.

Informasi yang diterbitkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Ahad dini hari menyebutkan, hujan tersebut terjadi setelah cuaca cerah secara merata di seluruh wilayah Jakarta sejak pagi hingga siang hari.

Pada siang hari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diguyur hujan ringan. Kemudian di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cuaca cerah, sedangkan Jakarta Barat cerah berawan.

Memasuki malam hari, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur cuaca berawan. Sementara di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu cerah berawan.

Pada Senin (5/10) dini hari, cuaca berawan di seluruh wilayah Jakarta, terkecuali Kepulauan Seribu hujan ringan.

Rentang suhu udara Jakarta berkisar 24-33 derajat Celsius, dengan wilayah yang mendapat suhu terendah adalah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Wilayah yang diprediksi mengalami suhu udara tertinggi juga di tiga wilayah tersebut.

Baca juga: BPBD DKI imbau masyarakat waspadai ancaman perubahan cuaca ekstrim
Baca juga: Waspadai hujan disertai petir di Jaksel dan Jaktim


Adapun kelembaban udara berkisar 60 hingga 9 persen dengan kelembaban terendah terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Kelembaban tertinggi terjadi di seluruh wilayah Jakarta.

Di wilayah penyangga Jakarta, yakni Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi mengalami cuaca yang beragam.

Untuk wilayah Tangerang, cuaca diprediksi cerah berawan yang kemudian berganti menjadi guyuran hujan ringan pada siang hari dan  berlanjut hingga Senin (5/10) dini hari. Rentang suhu udara di Tangerang berkisar 23-33 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 60-95 persen.

Di wilayah Bekasi, cerah berawan berlangsung pada pagi hari yang disambung dengan hujan ringan pada siang hari dan kemudian berlanjut hingga Senin (5/10) dini hari.

Rentang suhu udara di Bekasi berkisar 22-34 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 55-95 persen.

Adapun di Depok, setelah cuaca cerah berawan, di siang hari hujan dengan intensitas ringan pada siang yang berlanjut hingga Senin (5/10) dini hari. Rentang suhu udara di Depok berkisar 21-32 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 55-95 persen.

Sementara di Kota Bogor, setelah cuaca berawan di Ahad pagi, hujan dengan intensitas ringan pada siang dan malam hari yang berlanjut pada Senin (5/10) dini hari. Rentang suhu udara di Bogor berkisar 20-32 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar 65-95 persen.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020