tips sederhana agar pasien dapat sembuh yakni tidak boleh stres atau depresi dan melakukan olah raga ringan setiap pagi dan sore selama dua jam..
Tanjungpinang (ANTARA) - Ribuan pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, dinyatakan sembuh.

Kepala RSKI Galang Kolonel Khairul Ihsan Nasution, yang dihubungi di Tanjungpinang, Minggu, menyatakan sampai sekarang seluruh pasien yang telah dirawat di rumah sakit itu, sembuh.

"Alhamdulillah, berkat usaha pasien, dokter, dan doa, seluruh pasien yang pernah dirawat di RSKI Galang, sembuh," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Aceh mendekati 3.000 orang

Dokter Kin, demikian panggilan akrab Kolonel Khairul, mengatakan, tips sederhana agar pasien dapat sembuh yakni tidak boleh stres atau depresi dan melakukan olah raga ringan setiap pagi dan sore selama dua jam.

Kemudian pasien tersebut minum madu dua kali sehari sebanyak dua sendok makan, dan mengonsumsi vitamin C1000 miligram sehari.

"Dokter, tenaga kesehatan dan perawat bersinergi merawat pasien secara maksimal, dengan memberi makanan bergizi dan obat-obatan yang dibutuhkan," katanya.

Sejak 6 April sampai sekarang, RSKI Galang telah merawat sebanyak 3.294 orang, yang terdiri dari 1235 orang pasien terkonfirmasi COVID-19 dan 2059 orang suspek COVID-19.

Saat ini, kata dia jumlah pasien yang masih dirawat di RSKI Galang tinggal 197 orang.

Baca juga: Angka kesembuhan COVID-19 di Lampung capai 73 persen

"Mudah-mudahan seluruh pasien segera sembuh, dan dapat beraktivitas," ucapnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan keberadaan RSKI Galang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Awalnya, RSKI Galang merawat para pekerja migran Indonesia, namun beberapa bulan lalu masyarakat lokal yang terinfeksi COVID-19 sudah dirawat di rumah sakit tersebut.

"Pemerintah Kepri memberi apresiasi yang tinggi kepada pemerintah pusat karena telah membangun RSKI Galang dengan teknologi kesehatan yang memadai, serta dokter, perawat dan tenaga kesehatan yang berkualitas," ujarnya yang juga mantan Kadis Kesehatan Kepri.

Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Sultra 2.043 dari 3.030 kasus
Baca juga: Positif COVID-19 bertambah 4.317 sembuh bertambah 2.853
Baca juga: Satgas COVID-19: Pasien sembuh COVID-19 bertambah 3.712 orang

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020