Pengakuan ini merupakan buah dari konsistensi perseroan untuk terus berinovasi melalui rangkaian program budaya kerja
Jakarta (ANTARA) - Bank Mandiri terpilih menjadi salah satu korporasi di Asia, yang meraih predikat perusahaan terbaik untuk bekerja tahun 2020 dari media internasional bidang sumber daya manusia (SDM), HR Asia.

"Pengakuan ini merupakan buah dari konsistensi perseroan untuk terus berinovasi melalui rangkaian program budaya kerja yang mengadopsi perkembangan terkini di dunia kerja," kata Direktur Kepatuhan dan SDM Bank Mandiri Agus Dwi Handaya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Bank Mandiri: Kesehatan masyarakat syarat utama dorong perekonomian RI

Menurut dia, syarat yang ditentukan media tersebut adalah perusahaan terpilih harus memiliki kriteria utama yakni tingkat keterlibatan pegawai menggunakan survei Total Engagement Assesment Model (TEAM), yang disusun HR Asia.

Ada tiga parameter utama yang diukur yaitu CORE (collective organisation for real engagement), SELF (heart, mind, dan soul), dan GROUP (think, feel, dan do).

Dia menjelaskan program budaya One Heart One Mandiri sebagai modal, dengan kepemimpinan hadir untuk berinteraksi secara intensif dan memberi semangat kepada pegawai.

Selama pandemi, kekhawatiran pegawai terhadap kemungkinan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan pengurangan keuntungan berhasil diminimalisasi melalui komunikasi intensif dan strategi keuangan yang kuat.

"Kepedulian tinggi kami terhadap kondisi finansial, motivasi, dan kesehatan pegawai juga berhasil meningkatkan keterlibatan pegawai selama pandemi," katanya.

Saat ini, Bank Mandiri memiliki jumlah pegawai tetap mencapai 38.566 orang, sebanyak 70 persen di antaranya merupakan pegawai milenial, sehingga menjadi tantangan dalam pengelolaan di tengah pandemi.

Untuk itu, lanjut dia, bank BUMN ini menerapkan strategi untuk memastikan kondisi pegawai yang termotivasi, keahlian yang tinggi, serta kinerja yang baik sehingga dapat memberikan pengalaman kerja dan mendukung bisnis yang berkelanjutan.

Bagi Agus, penghargaan ini juga menunjukkan Bank Mandiri diakui oleh lembaga internasional sebagai salah satu tempat kerja pilihan sekaligus pengakuan terhadap strategi pengembangan SDM.

"Momentum pemberian penghargaan yang berbarengan dengan perayaan HUT ke-22 Bank Mandiri membuat anugerah ini seakan-akan menjadi hadiah terbaik untuk segenap karyawan dan pemegang saham perseroan," katanya.

Baca juga: Bank Mandiri prediksi pertumbuhan ekonomi minus 1-2 persen tahun ini
Baca juga: Bank Mandiri optimistis penuhi target penjualan SR013 Rp1,52 triliun

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020