Aktivitas ekonomi terutama pariwisatanya di Belitung ini menggeliat kembali dibandingkan daerah yang lain
Belitung,Babel (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kemenparekraf mengapresiasi kondisi pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang kembali menggeliat meskipun pandemi COVID-19 belum usai.

"Aktivitas ekonomi terutama pariwisatanya di Belitung ini menggeliat kembali dibandingkan daerah yang lain," kata Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata, Vinsensius Jemadu di Tanjung Pandan, Minggu.

Hal ini disampaikan dia ketika menghadiri acara pembukaan "Belitung Creative Week 2020" yang diikuti oleh sejumlah pelaku ekonomi kreatif setempat.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan daerah lain yang termasuk dalam 10 Destinasi prioritas, kata Vinsensius, maka pariwisata Belitung berada di posisi teratas dalam kemampuannya bertahan di tengah pandemi COVID-19.

"Kalau dari 10 destinasi prioritas maka kami melihat Belitung ini teratas dan kami berani memberikan dukungan dalam beberapa agenda kegiatan termasuk di Oktober nanti misalnya ada Festival Tanjung Kelayang," ujarnya.

Ia menilai, semua ini tidak terlepas dari kerja keras Pemerintah Daerah dalam menekan penyebaran COVID-19 agar tetap landai dan rendah.

"Ini yang luar biasa maka tadi saya katakan betapa kuatnya komitmen CEO daerah bupati dan jajarannya sehingga dalam tiga bulan terakhir ini penyebaran COVID-19 di Belitung rendah," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, dengan rendahnya penyebaran COVID-19 maka menjadi modal Belitung dalam mempromosikan wisatanya namun tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan mengedpankan "cleanliness", "healthy" dan "safety" (CHS).

Untuk itu, dia berharap awak media dapat menarasikan dengan segencar mungkin bahwa COVID-19 di Belitung cukup rendah dan tidak membuat paranoid wisatawan yang hendak berkunjung.

"Karena tren pariwsata ke depan orang-orang akan berwisata mencari tempat yang implementasi protokol kesehatan dan CHS nya kuat juga Belitung punya itu tinggal angkat ke permukaan saja," ujarnya.

Baca juga: Menteri PPN sarankan Belitung terapkan pariwisata berbasis kualitas
Baca juga: Gubernur Babel: Belitung zona hijau, siap terima wisatawan

Pewarta: Kasmono
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020