Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bandung mengalokasikan dana sekitar Rp27 miliar untuk renovasi Stadion Si Jalak Harupat (SJH) dalam rangka persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bandung H Marlan mengatakan dana revonasi itu telah disiapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020. Sementara, pada Rancangan APBD (RAPBD) 2021, telah direncanakan penganggaran sekitar Rp109 miliar.

"Akhir tahun ini kami akan mulai proses renovasi sejumlah infrastruktur sekeliling stadion, seperti penambahan lampu, penggantian rumput lapangan, perbaikan tempat duduk penonton, pemasangan sound system stadion, juga perbaikan jalan dan drainase. Semuanya akan berstandar FIFA," kata Marlan dalam keterangannya di Bandung, Minggu.

Baca juga: PSSI pastikan timnas U-19 tak latihan di Turki

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2020, SJH terpilih menjadi salah satu stadion tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 20 Mei – 12 Juni 2021.

SJH terpilih bersama lima stadion lainnya, yakni Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Jakabaring di Palembang, Manahan di Solo, Gelora Bung Tomo di Surabaya dan I Wayan Dipta di Gianyar, Bali.

Dari enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20, kata Marlan, hanya dua stadion yang akan direnovasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Hanya dua stadion yang akan direnovasi, yaitu Stadion Manahan, Solo dan I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Sementara 4 stadion lainnya termasuk Si Jalak Harupat, diserahkan kepada daerah dan provinsi,” kata Marlan.

Marlan mengatakan pihak Pemkab Bandung juga berencana membangun wisma atlet yang berada di kawasan SJH.

“Di kawasan SOR (sarana olahraga) SJH ini terdapat 15 venue, satu venue baru yakni lapang latih atau soccer training, telah memiliki sertifikasi dari FIFA. Di area ini juga, nantinya akan dibangun wisma atlet oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Baca juga: Timnas U-19 lanjutkan pemusatan latihan di Kroasia

Baca juga: Shin tegaskan masih mencari skuat inti timnas U-19

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020