Kami akan bertemu semua unsur terkait untuk mempercepat penerbitan perkada
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Waropen, Papua, segera menerbitkan peraturan kepala daerah (perkada) tentang penegakan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan atau penyebaran COVID-19.

Pejabat sementara (Pjs) Bupati Waropen Muhammad Musaad dalam siaran persnya di Jayapura, Senin, mengatakan dengan pemberlakuan aturan itu diharapkan penyebaran COVID-19 dapat teratasi bahkan nol penularan.

"Apalagi saya di dalam SK Mendagri sebagai Pjs Bupati Waropen, juga ditunjuk menjabat Ketua Satgas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 di Waropen," katanya.

Baca juga: Kapolres Waropen resmikan Kampung Tangguh Papeda

Baca juga: 2.428 warga di Papua dirawat karena positif COVID-19, sebut satgas


Menurut Musaad, untuk itu perkada penegakan disiplin protokol kesehatan akan menjadi peraturan prioritas untuk ditandatangani secepatnya.

"Kami akan bertemu semua unsur terkait untuk mempercepat penerbitan perkada penegakan disiplin protokol kesehatan, pasalnya penerbitannya merupakan instruksi langsung dari Mendagri," ujarnya.

Dia menjelaskan apalagi untuk daerah yang menyelenggarakan pilkada. Hal tersebut wajib hukumnya sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan bertemu KPU dan Bawaslu kemudian berkoordinasi atau mendatangi posko maupun sekretariat pemenangan pasangan calon peserta pilkada.

Baca juga: Sebanyak 6.736 warga Papua positif COVID-19

"Saya ingin bersilahturahim dengan empat pasangan calon di Waropen untuk bagaimana membicarakan pilkada damai dan demokratis tetapi memperhatikan penegakan disiplin protokol kesehatan sehingga tidak saja tercipta sukses pilkada, tetapi juga aman dari COVID-19," katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya juga memastikan akan mengkampanyekan gerakan pakai masker di wilayahnya, di mana pihaknya dijadwalkan menyerahkan bantuan 5.000 masker dan puluhan liter penyanitasi tangan dari Gubernur Papua.

Baca juga: Tambah 104 orang, positif COVID-19 di Kota Jayapura naik 3.288 kasus

Baca juga: Ada 37 tambahan, positif COVID-19 Kota Sorong naik 918 kasus

​​​​​​​

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020