Pada masa pandemi ini, TNI bersama Polri merupakan ujung tombak untuk menjaga keamanan sekaligus membantu menguatkan penanganan pandemi.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Muchamad Nabil Haroen atau akrab disapa Gus Nabil mengajak Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk terus bersinergi dalam melawan pandemi COVID-19.

"Pada masa pandemi ini, TNI bersama Polri merupakan ujung tombak untuk menjaga keamanan sekaligus membantu menguatkan penanganan pandemi," katanya, dalam pernyataannya, di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan Gus Nabil yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama (NU) itu memeringati HUT TNI setiap 5 Oktober.

Baca juga: HUT Ke-75, Panglima TNI terima kejutan dari Kapolri

Ia mengingatkan bahwa TNI merupakan bagian integral dari perjuangan menjaga kedaulatan Indonesia.

"Perjuangan dan pengabdian TNI untuk menjaga bangsa ini sangat besar," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Kolaborasi dengan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, lanjut dia, dalam proses menjaga Indonesia juga menjadi contoh konkret bagaimana nasionalisme bisa terkoneksi dengan semangat keagamaan, begitu juga sebaliknya.

"Ini merupakan nilai penting dari nasionalisme-religius di Indonesia, yang bisa menjadi nilai penting untuk perdamaian internasional," ujarnya.

Pada masa pandemi, Gus Nabil yang duduk di Komisi IX DPR RI tersebut mengapresiasi peran TNI dalam membantu pemerintah.

"Banyak dokter dari TNI/Polri yang dilibatkan untuk membantu penanganan pandemi," katanya.

Baca juga: HUT Ke-75, Danjen Kopassus: Semua komponen harus bersinergi

Bahkan, kata dia, pemulangan beberapa WNI dari Wuhan, Tiongkok, yang sebelumnya terisolasi di kota itu karena penanganan pandemi beberapa bulan lalu juga tidak bisa lepas dari peran TNI yang berkoordinasi dengan lintas pihak.

"Maka, mari kita bersinergi untuk membantu negeri mengabdi untuk Indonesia tercinta. Selamat HUT Ke -75 TNI, terus mengabdi untuk kedaulatan Indonesia," kata Gus Nabil.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020