Jakarta (ANTARA) - Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengecek potensi genangan di taman-taman yang ada di wilayah itu.

"Tadi kita sudah memetakan lokasi rentan genangan, yaitu di Taman Singkarak Situ Akhsan dan Taman Danau Buyan Benhil. Keduanya memiliki posisi di dekat saluran air," ujar Mila saat ditemui usai melakukan kunjungan ke beberapa taman, Senin.

Di taman-taman itu saat hujan intensitas tinggi dan ada kiriman dari barat biasanya airnya naik sampai ke taman. 

Selain dua taman itu, Mila juga meninjau taman-taman lainnya seperti Taman FO Slipi Tanah Abang dan Taman Sumenep Menteng untuk mengingatkan para Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) melakukan pembersihan tempat-tempat sampah yang ada di taman.

Baca juga: Sudin Pertamanan Jakpus siapkan bunga merah putih di bundaran BI
Baca juga: Jakpus tunda revitalisasi tiga taman akibat COVID-19
Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda mengingatkan petugas Pamdal di Taman FO Slipi untuk mengosongkan tempat sampah yang ada di taman guna mencegah genangan di tempat tertutup selama musim hujan, Senin (5/10/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Pembersihan hingga pengosongan tempat-tempat sampah secara rutin itu bertujuan agar tidak ada genangan dalam tempat yang rata-rata tertutup itu.

Di musim hujan, fasilitas-fasilitas di taman seperti tempat sampah cukup berpotensi menampung air hujan. Karena itu perlu ada  pengosongan bak-bak air yang berpotensi menjadi sarang penyakit apalagi DBD.

"Jangan sampai kita waspada COVID-19 tapi abai sama penyakit lainnya," ujar Mila.

Tak hanya itu, Mila juga meninjau pohon-pohon di sekitar taman-taman kota yang nantinya masuk  prioritas pemangkasan untuk mengurangi beban pohon dan potensi roboh memasuki musim penghujan.

"Ya tadi kita cek juga lokasi-lokasi prioritas untuk pemangkasan ranting-ranting pohon yang fungsinya dapat mengurangi beban pohon dan juga mengurangi potensi pohon tumbang akibat hujan yang disertai angin," ujar Mila.

Mila berharap adanya peninjauan itu para PJLP semakin siap mengantisipasi genangan selama musim hujan dan memastikan taman-taman kota tetap dalam kondisi terawat meski tutup di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Baca juga: Pemkot Jakpus tambahkan spot-spot "Instagramable" di Taman Sumenep

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020