Apa ini yang disebut jantan, ‘Saya tidak akan memakai masker'
Miami (ANTARA) - Kandidat presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengkritik kandidat petahana Donald Trump—yang dianggap meremehkan COVID-19, dengan memintanya menyampaikan pesan tentang pentingnya penggunaan masker.

“Saya berharap bahwa presiden—yang telah melalui apa yang ia alami dan saya senang ia tampaknya kembali sehat—akan menyampaikan hal yang benar kepada warga Amerika bahwa masker itu penting,” kata Biden dalam pidato terbuka NBC News di Miami, Florida, Senin (5/10).

Biden mengatakan hal itu tak lama setelah Trump kembali ke Gedung Putih pasca-perawatan COVID-19 di rumah sakit selama tiga hari.

Baca juga: Trump tinggalkan RS menuju Gedung Putih
Baca juga: Wall Street naik karena Trump tinggalkan rumah sakit, harapan stimulus


Dalam sebuah video yang dirilis setelah meninggalkan rumah sakit, Trump meminta masyarakat Amerika untuk “pergi keluar” dan tidak takut dengan virus corona.

Trump keluar dari Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed setelah tim medisnya menyebut ia tidak lagi mengalami deman dalam 72 jam serta menunjukkan kadar oksigen dalam darah yang normal.

Tiba dengan mengenakan masker, Trump berjalan ke Gedung Putih sambil melepas maskernya dan berpose untuk dipotret.

Keengganan presiden untuk mendorong penggunaan masker menjadi fokus sasaran dalam kampanye Biden—yang menyoroti penanganan Trump atas pandemi di AS.

Para pakar kesehatan, termasuk di dalam pemerintahan Trump sendiri, menyatakan bahwa menggunakan masker mungkin merupakan cara paling efektif untuk menahan penyebaran virus.

“Apa ini yang disebut jantan, ‘Saya tidak akan memakai masker’" Biden mengatakan di balai kota. "Jadilah patriotik, demi Tuhan.” 

Sumber: Reuters

Baca juga: Trump dirawat di rumah sakit, Biden tetap fokus pada respons COVID-19
Baca juga: Peraturan baru akan diberlakukan pada debat Trump-Biden selanjutnya

Penerjemah: Suwanti
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020