Roma (ANTARA News/Reuters) - AC Milan kehilangan peluang untuk memperpendek jarak angka menjadi satu poin dengan pemimpin klasemen Liga Utama Italia (Serie A) Inter Milan, kemarin, saat mereka ditahan imbang 0-0 di kandang AS Roma.

Milan, yang berada di posisi kedua, bermain lebih baik hampir sepanjang pertandingan dan sundulan Klaas-Jan Huntelaar memupus peluang bagus untuk memecah kebuntuan pada babak kedua.

Hasil tersebut akan membuat senang pelatih Inter Jose Mourinho, yang timnya bisa memperpanjang keunggulan mereka atas Milan menjadi enam poin dan sembilan poin di atas Roma dengan mengalahkan Genoa di kandang sendiri, Minggu.

Inter mengumpulkan 58 poin dan Milan 55 serta Roma 52.

Juventus meningkatkan harapan mereka untuk lolos ke Liga Champions dengan kemenangan 2-1 di kandang Fiorentina, yang mengangkat mereka ke urutan keempat.

Roma tampil agresif pada awal pertandingan di Stadio Olimpico yang padat, tembakan Daniele De Rossi melebar dan Julio Baptista memaksa Christian Abbiati melakukan penyelamatan yang pantas dengan tendangan keras.

Tetapi permainan Milan secara bertahap semakin lancar dan mereka dalam kendali pada pertengahan babak pertama.

Marco Borriello melakukan tembakan saat peluang bagus tercipta melalui umpan Ronaldinho namun melebar, dan pemain belakang Roma Nicolas Burdisso beruntung saat sundulannya menjauhkan tendangan silang Mathieu Flamini, tidak melayang ke gawangnya sendiri.

Tim tamu melanjutkan tekanan setelah turun minum dan pemain Roma Julio Sergio berhasil menyingkirkan bola pada menit ke-55, ketika Borriello menerobos ke area penalti dan membidik gawang.

Roma lebih berbahaya setelah striker Luca Toni masuk menjelang pertandingan berlangsung tepat satu jam setelah kembali dari cedera betis yang membuatnya absen sejak Januari.

Tendangan Mirko Vucinic melebar dan Abbiati bekerja dengan baik untuk mengelakkan usaha John Arne Riise menjelang berakhirnya pertandingan.

Pelatih Milan Leonardo membuat kejutan dengan memberikan tempat Alexadre Pato, yang cedera kepada Huntelaar dalam tiga penyerangnya daripada kepada David Beckham, yang menyiapkan peluang bagus bagi Ronaldinho setelah masuk pada menit ke-72.

Pemain tengah Inggris itu berharap ia diistirahatkan untuk pertandingan tandang ke bekas klubnya Manchester United dalam pertandingan babak 16 besar Liga Champions, Rabu, ketika Milan harus memperbaiki defisit 2-3.

Di Florence bek Italia Fabio Grosso, yang masuk sebagai pemain cadangan pada awal babak kedua, menyarangkan bola yang menjadi gol kemenangan pada menit ke-68.

Playmaker Juve asal Brazil Diego menggiring bola melewati penjaga gawang Sebastien Frey dan menyorongkan bola ke gawang yang kosong untuk memberi tim tamu keunggulan pada menit kedua, setelah Antonio Candreva lolos dari jebakan "offside" dengan umpan cerdas.

Sundulan mantan pemain tengah Juve Marco Marchionni menyamakan kedudukan bagi tim tuan rumah pada menit ke-32 ketika Alex Manninger, menggantikan kiper Italia yang cedera Gianluigi Buffon, keluar untuk menahan satu umpan silang namun gagal.

Juve mengumpulkan 44 poin dari 27 pertandingan, satu poin lebih banyak dibanding Palermo yang bisa merebut kembali posisi keempat dengan mengalahkan Livorno di Sicilia, Minggu.

Fiorentina, yang menjamu Bayern Munich pada Selasa dalam babak 16 besar Liga Champions, berada di urutan ke-10.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010