Gubernur Serahkan 145 Traktor Tangan Untuk Bengkulu Selatan

Gubernur Serahkan 145 Traktor Tangan Untuk Bengkulu Selatan

Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamudin. (Istimewa)

Bengkulu (ANTARA News) - Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin menyerahkan 147 unit traktor tangan gratis kepada 147 kelompok tani di Kabupaten Bengkulu Selatan untuk meningkatkan produksi padi di salah satu sentra tanaman pangan itu.

"Penyerahannya dipusatkan di lapangan Sekundang Manna dan traktor tangan gratis diserahkan langsung oleh Gubernur dan dihadiri seluruh perwakilan kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Mukhlis Ibrahim saat dihubungi lewat telepon, Minggu.

Sebelumnya Gubernur juga menyerahkan traktor tangan gratis kepada kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, dan Kabupaten Lebong.

Sebanyak 427 unit traktor tangan diserahkan kepada 427 kelompok tani di empat kabupaten tersebut untuk meningkatkan produksi padi di masing-masing kabupaten.

"Dengan penyerahan hari ini sudah ada 572 kelompok tani yang mendapat traktor tangan gratis dari yang direncanakan 2.142 kelompok tani di sembilan kabupaten,"katanya.

Rinciannya sebanyak 77 kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, 70 kelompok tani di Kabupaten Rejang Lebong, 73 kelompok tani di Kabupaten Kepahiang dan 107 kelompok tani di Kabupaten Lebong dan 145 kelompok tani di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Mukhlis mengatakan, untuk mendapat traktor tangan tersebut, kelompok tani harus memenuhi syarat memiliki lahan sendiri dengan luas minimal 10 hektare (ha).

Pada 2010 Provinsi Bengkulu menargetkan peningkatan produksi padi sebesar 15 persen dari 510 ribu ton pada 2009.

Pembagian traktor tangan gratis sebanyak 2.142 unit kepada petani di sembilan kabupaten bertujuan meningkatkan produktivitas padi sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

Selain traktor tangan gratis Dinas Pertanian provinsi juga menyediakan 750 ton benih padi unggul untuk meningkatkan produksi pangan.

Selanjutnya traktor tangan juga akan dibagikan kepada petani di Kabupaten Bengkulu Utara, Seluma, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kaur. (RNI/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Kesehatan lingkungan,kunci produktivitas Kampung Unggas Lombok

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar