Mereka pelaku perjalanan dari Jakarta, saat ini ke semuanya sedang menjalani isolasi mandiri
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan dari 27 kasus penambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 di wilayahnya, Selasa ini, terdapat enam pasien yang merupakan satu keluarga dari Kabupaten Lampung Utara.

"Pasien nomor 1005, 1006, 1007, 1008 ,1009 dan1010 semuanya perempuan dari Lampung Utara merupakan kasus baru dan satu keluarga," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa satu keluarga yang terkonfirmasi positif tersebut memiliki riwayat perjalanan dari luar Provinsi Lampung.

Baca juga: Dinkes : Kasus Positif COVID-19 di Lampung capai 1.015

"Mereka ini pelaku perjalanan dari Jakarta dan saat ini ke semuanya sedang menjalani isolasi mandiri," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa 27 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut terdiri dari Kabupaten Pesawaran satu orang, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Pesisir Barat masing-masing dua kasus, Kabupaten Lampung Utara sembilan kasus dan Kota Bandarlampung 11 kasus.

Baca juga: Hadiri syukuran wisuda, satu warga Bandarlampung positif COVID

Kadinkes itu pun mengingatkan kembali kepada pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri dengan benar sehingga tidak menyebarkan virus tersebut ke lingkungan sekitar.

"Kami pun meminta kepada Gugus Tugas COVID-19 setempat untuk melihat dan memeriksa apakah tempat isolasi mandiri pasien-pasien ini memenuhi syarat atau tidak," kata dia.

Ia menegaskan bahwa jika memang tempatnya tidak memenuhi syarat untuk melakukan isolasi mandiri diharapkan pasien COVID-19 dapat melakukan karantina di tempat yang sudah disiapkan oleh kabupaten/kota.

Baca juga: Kasus COVID-19 Lampung bertambah 37, total 988 kasus

"Pasien positif COVID-19 juga dapat minta di rujuk ke rumah sakit Pemerintah Provinsi Lampung yakni Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) di Kabupaten Lampung Selatan yang dikhususkan untuk pasien positif tanpa gejala," kata dia.

Ia menyebutkan bahwa hingga saat ini kasus konfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Lampung berjumlah 1.015 dengan rincian 736 pasien telah dinyatakan selesai isolasi dan kematian akibat virus corona 37 orang.

Baca juga: Tiga warga Metro positif setelah kontak dengan bupati nonaktif

Baca juga: Angka kesembuhan COVID-19 di Lampung capai 73 persen

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020