Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyatakan jumlah warga daerah itu yang terpapar COVID-19 mencapai 91 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan hingga saat ini jumlah warga setempat yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 91 orang, di mana dari jumlah itu 59 orang dinyatakan sembuh serta 32 orang lainnya masih menjalani pengawasan dan karantina.

"Pada hari ini ada penambahan satu kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 yakni kasus 91, seorang laki-laki berusia 69 tahun, asal Kecamatan Kota Padang dengan keluhan demam, batuk, lemas dan saat ini sedang menjalani perawatan di RS Ar Bunda Kota Lubuklinggau," kata dia.

Baca juga: Satgas: Kasus positif dan kematian COVID-19 mingguan turun

Ditambahkan dia, selain adanya penambahan kasus baru juga ada penambahan satu pasien yang dinyatakan sembuh yakni pasien kasus 43, asal Kecamatan Curup Selatan sehingga total pasien yang sembuh sebanyak 59 orang.

Kalangan masyarakat daerah itu yang terpapar virus mematikan tersebut kata dia, selain berasal dari klaster masyarakat biasa juga tenaga kesehatan (nakes) yang totalnya sudah ada 17 orang.

Para nakes yang terkonfirmasi positif ini bertugas di RSUD Curup, kemudian beberapa puskesmas tersebar dalam 15 kecamatan serta klinik swasta.

Selain mencatat jumlah warga yang terkonfirmasi positif, pihaknya juga mencatat pelaku perjalanan dari zona merah sebanyak 13.571 orang, jumlah suspek 125 orang, suspek discarded 106 orang, suspek di isolasi sembilan orang, dan probable empat orang.

Sedangkan untuk sampel yang diperiksa di laboratorium sebanyak 842 sampel, dengan hasil 91 sampel dinyatakan positif dan 751 sampel negatif.

Dia mengimbau masyarakat setempat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan jalan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, kemudian rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir serta selalu menjaga jarak.***3***

Baca juga: Dinkes: Satu keluarga dari Kabupaten Lampung Utara positif COVID-19
Baca juga: Kabupaten Cirebon tambah 13 kasus terkonfirmasi positif COVID-19
Baca juga: Dinkes : Kasus Positif COVID-19 di Lampung capai 1.015

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020