Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala tim nasional Makedonia Utara, Igor Angelovski, bertekad untuk memanfaatkan kesempatan emas tampil di putaran final Euro 2020, jelang laga semifinal playoff Jalur D menjamu Kosovo di Stadion Arena Nasional Todor Proeski, Skopje, Kamis (8/10) waktu setempat (Jumat WIB).

Makedonia mendapat hak tampil di fase playoff berkat penampilan mereka memimpin klasemen akhir UEFA Nations League 2018/19 Divisi D Grup 4 (D4).

Jika bisa terus melaju hingga memenangi final playoff Jalur D, Makedonia bakal meraih kesempatan melakoni debut di putaran final sebuah turnamen internasional.

Baca juga: COVID-19 rusak kalender sepak bola sampai tiga tahun ke depan

"Ini pertandingan bersejarah untuk sepak bola Makedonia Utara, sebab kami tak pernah mencapai playoff sebelumnya," kata Angelovski dalam komentar pralaga dilansir dari laman resmi UEFA, Rabu.

Lawan Makedonia tak bisa dianggap remeh, sebab Kosovo selain memimpin klasemen akhir UEFA Nations League 2018/19 Grup D3, mereka juga sempat menciptakan kejutan di Kualifikasi Euro 2020 Grup A dengan mengalahkan Republik Ceko.

"Kami harus menghormati Kosovo. Mereka memperlihatkan kualitas mereka di kualifikasi, tapi kami juga percaya diri dan mendapat dukungan dari suporter langsung," ujar Angelovski.

"Saya berharap mencapai final. Ini kesempatan emas. Saya tegaskan kepada suporter kami akan mengerahkan segenap tenaga untuk mencapai final playoff," pungkasnya.

Makedonia diperkuat penyerang gaek Goran Pandev yang mengemban ban kapten serta Vedat Muriqi yang baru saja direkrut Lazio.

Jika berhasil melewati Kosovo, Makedonia akan menanti pemenang antara Georgia dan Belarusia di final playoff bulan depan.

Baca juga: Ini alasan UEFA namakan Euro 2020 di tahun 2021
Baca juga: Hasil undian grup putaran final Euro 2020

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020