Indonesia tunjuk Konhor di Durban, perkuat hubungan dengan Afsel

Indonesia tunjuk Konhor di Durban, perkuat hubungan dengan Afsel

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al-Farisi (kanan) meresmikan penunjukan Ebrahim Patel (kiri) sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI yang berkedudukan di Durban, Afrika Selatan. (ANTARA/HO-KBRI Pretoria)

Sebagaimana diketahui, Durban merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Afrika Selatan yang memiliki akses pasar yang luas, tidak hanya Afrika Selatan tapi juga negara-negara sekitarnya. Oleh karenanya, Indonesia melihat kota Durban sebagai lokasi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia resmi menunjuk Ebrahim Patel sebagai Konsul Kehormatan (Konhor) RI yang berkedudukan di Durban dalam upaya memperkuat hubungan bilateral dengan Afrika Selatan.

Penunjukan Ebrahim Patel sebagai Konhor RI di Durban, Afrika Selatan diresmikan oleh Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi, menurut keterangan tertulis KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Rabu.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi KwaZulu Natal (KZN) Sihle Zikalala, Ketua DPRD KZN W.G. Thusi serta jajaran pemerintah Propinsi KZN dan pemerintah Kota Durban.

Baca juga: Indonesia dorong Afsel memulai perundingan SACU-PTA
Baca juga: Pemerintah buka peluang kerja sama pengusaha Indonesia-Afsel


Pada kesempatan tersebut, Dubes Salman menegaskan bahwa kehadiran Konhor RI merupakan cerminan keseriusan Pemerintah RI dalam mengembangkan kerja sama bilateral dengan Afrika Selatan, khususnya Provinsi KZN.

Dia berharap Konhor RI itu dapat berperan sebagai jembatan penghubung (bridge builder) dengan berbagai pemangku kepentingan di Afrika Selatan untuk dapat memenuhi kepentingan kedua negara, khususnya di sektor ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

"Sebagaimana diketahui, Durban merupakan salah satu kota pelabuhan utama di Afrika Selatan yang memiliki akses pasar yang luas, tidak hanya Afrika Selatan tapi juga negara-negara sekitarnya. Oleh karenanya, Indonesia melihat kota Durban sebagai lokasi strategis yang memiliki potensi kerja sama perekonomian yang tinggi," ujar Dubes Salman.

Rangkaian kegiatan peresmian penunjukan Konhor RI di Durban itu dilanjutkan dengan dua pertemuan terpisah dengan Gubernur Provinsi KwaZulu-Natal dan anggota Dewan Eksekutif Afrika Selatan, Nomusa Dube Ncube.

Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak membahas upaya-upaya peningkatan perekonomian pascapandemi COVID-19 yang dapat dikerjasamakan serta berbagai aspek lainnya, seperti upaya saling berbagi praktik-praktik terbaik peran UMKM dalam perekonomian nasional, serta pemanfaatan kemajuan teknologi.

Sebelumnya Dubes Salman juga bertemu dengan komunitas bisnis di Durban seperti Standard Bank, Sumitomo Rubber, Minara Chambers of Commerce, dan pemilik sekolah bisnis di Durban untuk membahas sejumlah potensi kerja sama.

Selain itu, pihak KBRI Pretoria juga melakukan pertemuan dengan Otoritas Pelabuhan di Durban untuk berkoordinasi terkait penanganan anak buah kapal (ABK) WNI yang berada di wilayah perairan Afrika Selatan.

Baca juga: Kemendag sebut Indonesia aman dari pengenaan safeguard baut di Afsel
Baca juga: Langkah Dubes Salman bebaskan Indonesia dari visa Afsel

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar