pelaku pencurian sepeda ada tiga orang
Jakarta (ANTARA) - Warga di Jagakarsa, Jakarta Selatan berhasil menggagalkan aksi pencurian sepeda di wilayahnya yang memang kerap terjadi seiring dengan demam sepeda di Ibu Kota.

"Pelaku pencurian ditangkap di Jalan sagu Peong, Jagakarsa," kata Yanto salah seorang warga Jagakarasa, Rabu.

Baca juga: Sudinhub Jaksel derek 11 kendaraan parkir di jalur sepeda

Menurut Yanto, pelaku pencurian sepeda ada tiga orang, mengambil sepeda gunung milik warga di Jalan Kedodong. Dua pelaku membawa sepeda hasil curiannya, seorang lainnya menggunakan sepeda motor.

Sementara itu, warga yang sedang berpatroli mengarah ke lokasi kejadian. Warga pun menemukan ketiga pelaku sedang membawa sepeda curian, dua orang berjalan kaki sambil membawa sepeda dan satu orang menggunakan sepeda motor.

Warga mencoba menghadap komplotan pencurian, karena panik, dua pelaku lari menggunakan sepeda motor meninggalkan satu orang rekannya yang berupaya lari menggunakan sepeda gunung curian.

Baca juga: Dua pencuri sepeda motor di Jakarta Barat diringkus

"Karena dihadang warga, pelaku panik, lari menggunakan sepeda motor meninggalkan rekannya. Satu orang pelaku langsung diamankan warga," kata Yanto.

Satu pelaku pencurian tidak dapat melarikan diri setelah dikepung  warga yang keluar dari rumahnya. Pelaku diketahui bernama Doni, merupakan warga Klender, Jakarta Timur.

Setelah tertangkap oleh warga, warga tidak  menghakimi pelaku, namun menghubungi pihak kepolisian untuk diproses secara hukum. 

Baca juga: Kadishub sebut telah koordinasi dengan pengelola tol soal jalur sepeda

Beberapa peristiwa pencurian sepeda di pemukiman warga terjadi di wilayah Jakarta Selatah, bahkan video rekaman CCTV saat komplotan pencuri melakukan aksi pencurian viral di media sosial.

Seperti diketahui selama masa pandemi, sepeda makin diminati warga Ibu Kota Jakarta, tak ayal mempengaruhi harga jual sepeda. Bahkan ada warga yang memodifikasi sepeda lama menjadi baru dan dapat dijual dengan harga di atas Rp1 juta.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020