Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mencermati penurunan angka kesembuhan COVID-19 secara nasional sebesar 0,9 persen pada periode 28 September-4 Oktober 2020 dibandingkan pekan sebelumnya.

Bamsoet mendorong pemerintah bersama Satuan Tugas Penanganan COVID-19 segera mengevaluasi dan mencari penyebab penurunan angka kesembuhan tersebut.

Baca juga: Bamsoet: Tingkatkan koordinasi terkait WNI terpapar COVID-19

"Saya mendorong evaluasi serta memetakan daerah yang angka kesembuhannya turun cukup drastis, kemudian dilakukan langkah strategi penanganan dan penyembuhan/perawatan yang lebih tepat," ujar Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Dia mendorong pemerintah pusat dan daerah bersinkronisasi mengatur langkah dalam mengupayakan peningkatan kesembuhan pasien COVID-19, selain tetap memberikan dukungan agar tenaga kesehatan berkomitmen dalam menangani pasien COVID-19 dan memaksimalkan fasilitas treatment bagi pasien COVID-19, sehingga pengobatan dan penguatan imun tubuh dapat semakin baik dan berkualitas.

Dia juga mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk terus mendukung upaya peningkatan sarana, prasarana, fasilitas, dan tenaga medis untuk penanganan COVID-19.

Baca juga: Bambang Soesatyo tawarkan empat aspek dalam sikapi Covid-19

Baca juga: Bamsoet dorong pemerintah siapkan strategi pemulihan ekonomi

Baca juga: Bamsoet dorong satgas pahami kondisi sosial masyarakat soal protokol


Caranya, kata dia, dengan mengusulkan anggaran melalui DPR dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), sehingga pasien COVID-19 mendapatkan perawatan penyembuhan COVID-19 semaksimal mungkin.

Dia mengapresiasi sejumlah pemerintah daerah yang berhasil meningkatkan angka kesembuhan pasien COVID-19. Dia berharap keberhasilan itu menjadi semangat agar ke depannya kesembuhan pasien yang terpapar virus corona dapat terus ditingkatkan.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020